4 Manfaat Time Blocking dalam Pekerjaan
Siker.id | 22 Feb 2022 11:30


Bagikan ke
Manfaat time blocking dalam pekerjaan. (siker)

siker.id - Banyaknya tumpukan tugas dengan deadline yang saling berkejaran dan super ketat sering membuat kita kebingungan untuk menyelesaikan. Salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan, yaitu memiliki manajemen waktu.

Apakah kamu pernah mendengar istilah time blocking? Time blocking merupakan strategi manajemen waktu dengan memblokir waktu tertentu untuk fokus mengerjakan suatu tugas sehingga akan lebih banyak pekerjaan yang dapat terselesaikan tepat waktu.

Metode manajemen waktu ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Berikut penjelasannya!

Baca juga: Mengeluh Karena Pekerjaan? Ini Tips Mensyukuri Pekerjaan

Membantumu lebih fokus

Mengerjakan tugas tertentu pada waktu tertentu pastinya akan membuat kamu lebih konsentrasi, bukan? Hal ini akhirnya membantumu lebih fokus karena pikiran tertuju pada satu arah yang sama.

Secara tidak langsung, kamu juga telah menghambat keinginan untuk multitasking, lho. Pasalnya, kamu memiliki rencana pasti melalui time blocking yang kamu terapkan. Kurangnya distraksi ini akhirnya membuat pekerjaanmu akan lebih cepat selesai.

Meningkatkan produktivitas

Sadarkah kamu jika tugas-tugas kecil justru sangat menyita waktu. Alhasil, tugas penting jadi terbengkalai begitu saja karena distraksi-distraksi ini.

Nah, menerapkan time blocking untuk mengerjakan tugas khusus seperti ini akan membuatmu bekerja lebih efisien. Gabungkan tugas yang serupa pada blok waktu yang sama, ya. Penerapan ini akhirnya meningkatkan produktivitas.

Baca juga: 4 Alasan Etika Komunikasi Penting dalam Pekerjaan

Mendorong keseimbangan hidup

Pembagian waktu pada proporsi yang tepat akan mendorong keseimbangan hidup ke arah yang lebih baik. Kamu terpacu memiliki komitmen lebih untuk melakukan kegiatan sesuai jadwal waktu yang telah kamu tetapkan.

Alhasil, kamu tak perlu lembur lagi untuk menyelasaikan pekerjaan yang tidak kunjung selesai. Waktu untuk kehidupan pribadi, sosial, dan kerja jadi teralokasikan lebih seimbang.

Waktu akan terjadwal dengan bijak

Percaya atau tidak, membiarkan hari berjalan begitu saja tanpa perencanaan yang pasti malah memberi peluang besar bagimu untuk melakukan hal-hal yang tidak berarti. Kamu cenderung menyia-nyiakan waktu untuk kegiatan yang tidak menambah kualitas hidupmu.

Sementara itu, melakukan time blocking menjadikan kita sadar akan waktu yang kita gunakan. Hal ini mendorong kita untuk lebih bijak dalam memanajemen waktu. Tugas penting pun akan terselesaikan sesuai prioritas.

Sekian artikel tentang manfaat dari menerapkan time blocking dalam pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Mendapatkan Pekerjaan yang Selalu Bikin Bahagia


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar