Tips Meningkatkan Keselamatan Kerja di Tempat Kerja
Siker.id | 21 Feb 2022 17:30


Bagikan ke
meningkatkan keselamatan kerja. (siker)

siker.id - Tahukah kamu Cara Membudayakan Keselamatan di Tempat Kerja, seringkali kita menganggap bahwa membudayakan Keselamatan Kerja adalah sesuatu yang sulit. Sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, Hal-hal yang dianggap sulit bisa menjadi sederhana Jika Area kerja yang teman pimpin dengan aturan-aturan keamanan yang baik dan benar selain itu memimpinya dengan penuh konsistensi dengan menanamkan kepercayaan yang kuat dikalangan karyawan.

Cara kerja yang aman dan sehat sangat penting diperhatikan. Budaya kerja dengan dasar keamanan yang kuat dapat terlihat dari nilai-nilai yang fokus pada keamanan, sistem manajemen, program, dan seluruh karyawan mahir dan giat dalam menyingkirkan bahaya dan resiko bahaya di tempat kerja.

Berikut ini beberapa tips meningkatkan keselamatan kerja:

Baca juga: Tips Mempertahankan Aura Positif di Tempat Kerja

Bacalah kebijakan umum

Buatlah buku panduan perusahaan yang memuat langkah-langkah yang harus dilakukan guna mencegah kecelakaan di tempat kerja. Buku panduan tersebut harus mencakup petunjuk-petunjuk seperti cara menyimpan barang-barang berbahaya dan beracun atau posisi produk tertentu harus diletakkan untuk memastikan penyimpanan dan pengambilannya dapat dilakukan secara aman.

Mencari seseorang ahli K3

Diskusikan kebijakan keselamatan yang berlaku saat ini dengan koordinator keselamatan, dan buatlah rencana untuk memastikan kebijakan tersebut dipatuhi. Pastikan bahwa koordinator keselamatan mengetahui semua tanggung jawab yang berhubungan dengan keselamatan. Sampaikan dukungan Anda kepada orang tersebut dan jadwalkan pertemuan secara teratur untuk membahas masalah dan mencari solusi keselamatan guna pencegahan kecelakaan lebih lanjut.

Baca juga: Tips Mendapatkan Teman di Tempat Kerja Baru

Periksalah bangunan kantor anda bersama ahli K3

Pastikan staf Anda mematuhi kebijakan keselamatan di tempat kerja. Periksalah area yang memerlukan perhatian dan pastikan tindakan pencegahan telah dilaksanakan. Jika Anda melihat sesuatu yang menimbulkan kekhawatiran, diskusikan hal tersebut bersama orang yang bertanggung jawab, kemudian buatlah pertemuan dengan seluruh staf untuk mengomunikasikan kekhawatiran itu dan memastikan situasi itu tidak terulang lagi.

Sediakanlah peralatan yang tepat

Jika Anda meminta para pegawai untuk sering-sering berimprovisasi berarti Anda tidak menganggap masalah keselamatan sebagai sesuatu yang serius. Sebagai contoh, jika Anda memiliki tempat penyimpanan yang berisi rak-rak tinggi, pastikan Anda menyediakan tangga yang aman atau step-stool (bangku tangga) sehingga Anda atau para pegawai tidak perlu memanjat tumpukan kotak untuk mengambil barang.

Sekian artikel tentang meningkatkan keselamatan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Mencari Tempat Me Time di Kantor


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar