4 Alasan Pentingnya Menerapkan Budaya Organisasi
Siker.id | 21 Feb 2022 15:30


Bagikan ke
pentingnya menerapkan budaya organisasi. (siker)

siker.id - Telinga kita pastinya sudah sangat mengenal istilah budaya organisasi atau budaya perusahaan. Saat Anda membentuk sebuah organisasi, selain sumber daya, budaya adalah elemen yang patut Anda masukkan juga ke dalam prosesnya.

Budaya organisasi sedikit berbeda dengan budaya perusahaan. Budaya organisasi merupakan identitas dari sebuah organisasi, sebuah pembeda antara satu organisasi dan lainnya. Selain menjadi pembeda, budaya bisa menjadi tenaga pendorong elemen yang ada di organisasi juga. Dengan catatan, jika budaya tersebut terimplementasi dengan baik.

Berikut ini alasan pentingnya menerapkan budaya organisasi!

Baca juga: Tips Rebranding bila Ingin Mengubah Karir

Budaya organisasi adalah menjalankan nilai inti organisasi

Budaya Anda dapat menjadi cerminan dari nilai inti perusahaan Anda. Cara Anda menjalankan bisnis, mengelola alur kerja, berinteraksi sebagai tim, dan memperlakukan pelanggan Anda semuanya menambah pengalaman yang harus memperlihatkan siapa Anda sebagai sebuah organisasi.

Singkatnya, budaya Anda adalah gabungan dari keyakinan perusahaan Anda dalam bentuk tindakan.

Mempertahankan orang terbaik

Seharusnya tidak mengherankan bahwa karyawan yang merasa mereka adalah bagian dari komunitas, dan bukan sebagai roda penggerak, lebih cenderung untuk tetap bekerja di perusahaan Anda.

Faktanya, itulah yang dicari sebagian besar pelamar kerja di sebuah perusahaan. Budaya organisasi membantu meningkatkan keterlibatan, memberikan pengalaman karyawan yang unik, dan membuat karyawan Anda merasa lebih terhubung.

Baca juga: 4 Tips Memulai Karir di Usia 20 Tahun

Mengubah organisasi menjadi sebuah tim

Budaya organisasi yang sukses menyatukan orang-orang di perusahaan Anda dan membuat mereka tetap sejalan. Ketika budaya Anda jelas, berbagai perspektif dapat berkumpul di belakangnya dengan tujuan yang sama. Budaya di organisasi Anda menetapkan ekspektasi tentang bagaimana orang-orang berperilaku dan bekerja bersama, dan seberapa baik mereka berfungsi sebagai sebuah tim.

Mengartikan identitas internal dan eksternal organisasi

Budaya organisasi akan menentukan bagaimana semua karyawan atau semua anggota organisasi melakukan pekerjaannya. Tidak hanya itu, budaya organisasi juga menentukan cara berinteraksi satu sama lain juga dengan dunia luar, khususnya dengan pelanggan, mitra, pemasok, media dan semua pemangku kepentingan.

Dengan kata lain, budaya organisasi Anda akan bergema di semua aspek bisnis Anda karena itu mewakili cara Anda berbisnis. Ini sekaligus identitas dan citra Anda, yang berarti menentukan bagaimana orang dan pelanggan memandang Anda.

Sekian artikel tentang pentingnya menerapkan budaya organisasi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Perencanaan Karir yang Cocok Untuk Anda


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar