icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Bidang Peningkatan Kualitas Karyawan
Siker.id | 21 Feb 2022 15:00


Bagikan ke
Bidang peningkatan kualitas karyawan. (siker)

siker.id - Peningkatan karyawan tak hanya diperuntukkan bagi karyawan yang bermasalah. Karena pada dasarnya, semua pekerja di perusahaan berhak mengikuti program peningkatan kualifikasi keterampilan.

Dilihat dari aspek pihak karyawan, hal tersebut membantu mereka dalam meningkatkan kinerja sekaligus mengembangkan karier. Karena peningkatan skill ini bisa membuat karyawan-karyawan memiliki ketrampilan yang mendukung dalam kinerja masing-masing divisi ini.

Di sisi perusahaan, peningkatan keterampilan karyawan dapat membuat perusahaan mencapai target. Karena efek positif dari peningkatan kinerja yang lebih baik.

Berikut beberapa peningkatan keterampilan yang bisa membantu dalam efektivitas kerja karyawan:

Baca juga: Skill yang Harus Dikuasai Generasi Digital

Interpersonal

Setiap manusia itu unik. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Begitu pula dengan karyawan, ada yang mudah bergaul tetapi ada pula yang tertutup. Hal tersebut berkaitan dengan hal pribadi atau interpersonal dan termasuk keterampilan.

Keterampilan interpersonal merupakan kemampuan seseorang berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Keterampilan itu membantu individu terhubung dengan kolega dan pelanggan serta anggota tim lain.

Menerima feedback

Menerima feedback termasuk keterampilan yang perlu dimiliki oleh karyawan. Hal tersebut membantu mereka dalam mereview pekerjaan dan membuat keputusan lebih baik dalam meningkatkan kinerja.

Cara mengasahnya antara lain menerima feedback sebagai masukan atau kritik membangun, berlatih mendengarkan masukan rekan kerja maupun klien, bersikap netral, dan tak ada salahnya menerapkan mindfulness.

Baca juga: Berikut Beberapa Life Skill yang Perlu Dikuasai

Pengorganisasian

Pengorganisasian yang baik membantu seseorang lebih produktif, fokus, dan efisien dalam bekerja. Seseorang yang mampu mengorganisir pekerjaan dengan baik akan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan sedikit stress.

Cara mendalami keterampilan tersebut adalah membuat tugas harian, mengatur posisi alat tulis dan dokumen dengan baik, serta menggunakan aplikasi digital untuk mengorganisir pekerjaan.

Problem solving

Problem solving atau penyelesaian masalah adalah keterampilan yang membantu individu mengidentifikasi masalah, menilai opsi penyelesaian masalah, serta memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya.

Kemampuan ini berlaku dalam menyelesaikan konflik kerja, hambatan dalam proyek, dan menemukan cara kreatif untuk mencapai tujuan.

Sekian artikel tentang 4 bidang peningkatan kualitas karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 4 Super Skill yang Menjadi Incaran Perusahaan


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar