icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Kunci Sukses Membentuk Kerjasama Tim
Siker.id | 20 Feb 2022 16:30


Bagikan ke
Kunci sukses membentuk kerjasama tim (siker)

siker.id - Ketika memasuki dunia kerja, kita tidak akan melakukan segala tugas sendirian. Nantinya, kita akan bergabung ke sebuah tim yang memiliki visi, misi, nilai, dan tujuan yang sama.

Supaya performa tim kerja yang kita miliki berjalan optimal, tiap anggota tim harus berjalan dengan selaras. Kekompakan satu sama lain sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Oleh sebab itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika bekerja sama dalam sebuah tim. Jika dilakukan dengan tepat, hal ini tentunya dapat mengantar tim menuju kesuksesan.

Baca juga: Berikut Ini 5 Games Team Building Untuk Kerjasama Tim

Tetapkan struktur dalam pembuatan keputusan

Tim memerlukan sebuah hierarki. Ini bukan bermaksud mendiskriminasi anggota, namun untuk memudahkan proses pengambilan keputusan. Tanpa struktur yang jelas, tiap anggota tak tahu ke mana harus melaporkan masalah sehingga menimbulkan kekacauan.

Tiap tim harus terdiri atas orang-orang yang bertanggung jawab dalam reporting yang nantinya menerima laporan anggota. Ada juga bagian meeting calling untuk menganalisis pro dan kontra tiap pilihan dan orang yang bertanggung jawab mengambil keputusan akhir.

Tahu kekuatan dan kelemahan tiap anggota

Harus diakui bersama, gak ada manusia yang sempurna di dunia. Tiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Memetakan kekuatan dan kelemahan bisa berdampak positif untuk karier kita, lho. Sebab, kita bisa memaksimalkan kekuatan yang kita punya dan mencari solusi atas kelemahan di dalam diri.

Menggabungkan seluruh kekuatan anggota dalam tim akan memiliki dampak yang kuat. Kita bisa mendelegasikan tugas kepada anggota sesuai dengan kekuatan yang dimilikinya. Strategi ini memungkinkan tim mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Baca juga: Berikut Tips Membangun Kerjasama Virtual Team Building

Susun aturan yang jelas dalam tim

Bayangkan sebuah negara tanpa hukum yang berlaku, tentu negara tersebut akan hancur karena kekacauan. Hal yang sama berpotensi terjadi jika tim tak memiliki aturan bekerja yang jelas di dalamnya.

Contoh aturan yang bisa ditetapkan dalam tim meliputi keterbukaan soal masalah pekerjaan dan larangan menghubungi anggota lain mengenai pekerjaan saat weekend. Ini dapat menciptakan alur kerja yang jelas serta menetapkan batasa antar anggota.

Sekian artikel tentang tips bekerja dalam tim. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Kerjasama Tim?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar