4 Cara Meningkatkan Konsentrasi dalam Bekerja
Siker.id | 19 Feb 2022 16:45


Bagikan ke
meningkatkan konsentrasi saat bekerja. (siker)

siker.id - Konsentrasi merupakan hal yang sangat perlu dimiliki oleh setiap orang demi menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan juga tepat. Fokus atau konsentrasi adalah suatu kemampuan yang dilakukan untuk memusatkan seluruh perhatian dan juga pikiran kepada suatu objek ataupun suatu kegiatan dengan jangka waktu tertentu.

Tetapi tidak sedikit pula orang-orang yang memiliki masalah dalam hal konsentrasi ini sehingga membuat mereka kerap sulit konsentrasi atau sulit untuk memfokuskan dirinya dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Bagi Anda yang memiliki masalah konsentrasi, berikut ini tips meningkatkan konsentrasi:

Baca juga: Bagaimana Caranya Meningkatkan Konsentrasi Kerja?

Rutin untuk Olahraga

Dapat dipastikan bahwa semakin rutin Anda olahraga maka semakin bugar pula tubuh Anda. Namun, tidak hanya tubuh saja yang sehat otak dan daya ingat pun juga dapat lebih mudah untuk dikelola apabila Anda melakukan aktivitas ini secara rajin.

Dengan olahraga, sirkulasi darah di dalam tubuh pastinya akan lebih lancar sehingga suplai darah ke otak pun juga tidak terganggu.

Memastikan untuk Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Untuk menjaga kemampuan Anda dalam berkonsentrasi atau fokus terhadap suatu hal, istirahat yang cukup memiliki peranan yang besar dalam hal ini.

Apabila Anda mendapatkan istirahat yang cukup, maka Anda bisa mendapatkan sensasi tubuh yang bugar dan juga berkurangnya stres. Karena hal inilah, Anda sangat disarankan untuk tidur paling tidak 7 sampai 9 jam setiap harinya.

Baca juga: 4 Tips Keluar dari Zona Nyaman untuk Karir

Menghindari Multitasking

Terkadang, banyak orang yang rela mengerjakan berbagai hal di dalam waktu yang bersamaan demi mendapatkan efisiensi. Padahal, hal ini tentunya sangat berpengaruh kepada daya konsentrasi yang dimiliki.

Otak tentunya akan sulit untuk menyelesaikan berbagai hal yang berbeda di saat yang bersamaan karena fokus terpecah ke beberapa hal. Karena itu, Anda lebih disarankan untuk tidak melakukan banyak hal secara bersamaan dan usahakan untuk menyelesaikan satu hal terlebih dulu sebelum berpindah ke aktivitas lainnya.

Luangkan Waktu Bersantai

Tidak dapat dipungkiri bahwa fokus memang dapat dengan mudah buyar apabila Anda sudah terlalu lama bekerja tanpa henti. Hal ini merujuk kepada kelelahan pada otak Anda yang harus terus-menerus bekerja sehingga Anda pun lama-lama akan kehilangan fokus.

Karena hal inilah, Anda disarankan untuk beristirahat sesekali di tengah pekerjaan agar otak pun tidak terlalu lelah dan dapat dengan mudah digunakan kembali untuk bekerja setelah membutuhkan istirahat sejenak.

Sekian artikel tentang cara meningkatkan konsentrasi kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Rebranding bila Ingin Mengubah Karir


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar