Pentingnya Menyiapkan Presentasi Bisnis yang Menarik
Siker.id | 19 Feb 2022 15:15


Bagikan ke
Menyiapkan presentasi bisnis yang menari. (siker)

siker.id - Sebagai pebisnis, Anda pastinya diharuskan membuat presentasi bisnis pada satu acara tertentu. Hal ini sangat penting dan tidak boleh Anda sepelekan. Sebab, tujuan adanya presentasi bisnis ini adalah menginformasikan pesan-pesan bisnis, menyentuh emosi audiens atau klien hingga mereka tertarik dengan produk perusahaan atau setidaknya aware terhadap keberadaan perusahaan Anda.

Oleh karena itu ada perlu tahu tips dalam membuat presentasi bisnis yang bisa menarik hati audiens Anda. Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut Pengertian dan Manfaat Etika Bisnis

Menetapkan Tujuan untuk Presentasi Bisnis

Tetapkan tujuan yang ingin dicapai selama waktu Anda mempresentasikan hal tersebut di awal presentasi. Ketika audiens mengalami dampak dari tujuan yang Anda tetapkan sebelum presentasi, audiens cenderung tetap mengikuti apa yang Anda katakan lebih lanjut.

Selain itu, tujuan ini juga akan membantu audiens Anda dalam mengingat aspek-aspek kunci dari bisnis Anda.

Datang Lebih Awal

Banyak presentasi bisnis gagal ketika seseorang tidak familiar dan akhirnya malah grogi ketika membawakan presentasi. Anda setidaknya harus tiba 30 menit sebelum memberikan presentasi. Pastikan semuanya alat pendukung bekerja secara baik seperti laptop, speaker, atau proyektor.

Baca juga: 4 Fungsi Dasar Manajemen Bisnis

Memulai Presentasi dengan Sikap Optimis

Untuk menetapkan standar untuk presentasi bisnis Anda, mulailah dengan sikap optimis. Nantinya, aura positif dan optimis yang Anda pancarkan sejak memulai presentasi akan mempengaruhi perhatian dari audiens. Perlu diingat bahwa kesan awal sangat penting.

Anda harus meyakinkan audiens bahwa waktu berharga mereka akan bermanfaat untuk menyimak presentasi Anda.

Ketahui Tentang Pesaing Bisnis Anda

Meneliti memberikan fakta dan statistik yang signifikan untuk dimasukkan dalam presentasi Anda pun juga tak kalah penting. Lakukan penelitian tentang bagaimana kinerja bisnis Anda dibandingkan dengan bisnis lain di bidang yang sama atau di bidang lain.

Data ini memperkuat presentasi karena ini adalah bukti nyata tentang bagaimana bisnis bekerja. Saat menggunakan sumber yang tepat dan akurat, presentasi Anda tampak profesional dan dapat diandalkan.

Sekian artikel tentang cara menyiapkan presentasi bisnis yang menarik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Mempersiapkan Presentasi Bahasa Inggris dengan Baik


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar