Perhatikan Hal ini dalam Membuat Surat Resign Kerja
Siker.id | 18 Feb 2022 19:45


Bagikan ke
beberapa hal sebelum membuat surat resign kerja. (siker)

siker.id - Saat memutuskan untuk berhenti bekerja, kita diharuskan untuk membuat surat resign kerja terlebih dulu. Tapi, daripada membuat surat yang berisi tentang keluh kesah selama bekerja akan lebih profesional jika Anda membuatnya dengan baik dan benar.

Memiliki pekerjaan memang selayaknya menjadi suatu hal yang harus kita banggakan dan syukuri. Sebab, banyak orang yang nyatanya sulit mencari pekerjaan. Jadi, sudah seharusnya kita maksimalkan kesempatan kita untuk bekerja sebaik mungkin. Bahkan, besar kesempatan kita dipromosikan ke tingkat yang lebih tinggi jika kita dapat memaksimalkan potensi diri dalam bekerja.

Namun, hal tersebut tak selalu berlaku pada setiap orang. Faktanya, tak sedikit orang yang mengundurkan diri dari pekerjaan yang sudah mereka geluti dengan cara melayangkan surat resign kerja. Penyebabnya banyak sekali, beberapa di antaranya adalah karena pekerjaan yang tak sesuai passion, butuh tantangan yang lebih besar, dan atasan atau rekan kerja yang tidak menyenangkan.

Berikut ini beberapa tips menulis surat resign yang tepat:

Baca juga: Berikut Alasan Karyawan Resign Sebelum 90 Hari Kerja

Surat Harus Jelas dan Padat

Tuliskan maksud yang ingin kita sampaikan melalui surat resign secara singkat. Jangan tuliskan kalimat yang bertele-tele sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak tersalurkan dengan optimal. Gunakan tata bahasa yang baik dan beretika jadi tak terkesan emosional dan melalui keputusan yang diambil secara matang. Tuliskan alasan Anda ingin mengundurkan diri dari perusahaa tersebut secara padat. Surat resign yang padat akan lebih diapresiasi oleh pihak HRD dibandingkan dengan surat yang dituliskan dengan sangat panjang namun berputar-putar.

Tanggal dan Waktu Berhenti Harus Tercantum

Saat Anda mengajukan surat pengunduran diri, tentu Anda tahu kapan hari terakhir bekerja di perusahaan tersebut. Nah, tuliskanlah tanggal dan waktu Anda akan berhenti bekerja di surat resign. Hal ini akan membuat HRD di perusahaan tersebut dapat memperkirakan batasan pekerjaan yang akan Anda kerjakan.

Selain itu, HRD pun dapat mencari calon karyawan baru untuk menggantikan posisi Anda di perusahaan itu. Hal ini akan membuat Anda terlihat sangat profesional, bertanggung jawab, dan memiliki sikap yang positif pada perusahaan terdahulu.

Baca juga: Yuk, Simak! Tata Cara Resign yang Baik dan Benar

Tuliskan Alasan Berhenti Kerja Seperlunya

Anda tahu bahwa Anda mengundurkan diri dari perusahaan karena suatu alasan. Jadi, sampaikanlah alasan Anda di dalam surat tersebut. Tapi, harus diperhatikan bahwa alasan yang Anda tulis tidaklah berlebihan atau terlalu panjang. Buatlah sesingkat-singkatnya, yang terpenting alasan Anda dapat diketahui secara jelas oleh HRD dan atasan Anda.

Meski Anda memiliki kekecawaan terhadap perusahaan tersebut, usahakan untuk tidak menuliskannya dalam surat tersebut. Hal ini justru akan membuat HRD dan atasan melihat Anda sebagai orang yang tidak profesional. Maka, simpanlah rasa kecewa Anda hanya untuk diri Anda sendiri tanpa perlu disalurkan melalui surat yang Anda buat.

Sekian artikel tentang tips membuat surat resign kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Saat Bosan Jangan Resign Kerja Berikut Alasannya!


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar