Langkah Jitu Membuat Daftar Riwayat Hidup
Siker.id | 18 Feb 2022 17:00


Bagikan ke
Membuat daftar riwayat hidup. (siker)

siker.id - Kita semua tahu bahwa segala sesuatunya di dunia ini pasti memiliki proses. Tentu, proses tersebut harus kita lalui agar kita mendapatkan hal yang diinginkan. Hal ini pun berlaku saat kita ingin bekerja di sebuah perusahaan. Sejatinya, tidak ada satu perusahaan pun yang berani memperkerjakan seorang karyawan secara asal. Mereka pasti memiliki prosedur yang terlebih dulu harus dilalui oleh calon karyawan.

Tahap pertama yang lazim dilakukan oleh seluruh perusahaan di dunia tak lain adalah membaca daftar riwayat hidup sang calon karyawan tersebut. Bahkan, bisa dibilang, curriculum vitae ini merupakan salah satu poin penting yang menentukan apakah calon karyawan tersebut dapat masuk ke proses selanjutnya.

Meski hanya berbentuk tulisan dan data diri, hal yang umum disebut curriculum vitae atau CV ini tidak bisa dianggap remeh. Jika kita membuat CV secara asal, sudah pasti nama kita tidak akan masuk dalam proses selanjutnya. Jadi, dalam membuat CV Anda perlu perhatikan langkah-langkahnya satu per satu agar CV yang Anda buat sesuai dengan keinginan perusahaan yang Anda lamar.

Berikut ini beberapa langkah jitu membuat daftar riwayat hidup:

Baca juga: Apa Perbedaan CV dan Resume?

Lakukan Job Research

Sebelum Anda membuatnya, langkah pertama tentu saja Anda harus mencari informasi secara mendetail tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. Ingat, curriculum vitae yang menarik adalah curriculum vitae yang relevan. Tentu saja jenis pekerjaan itu adalah yang sesuai dengan bidang yang Anda minati. Anda dapat mencari via online atau menanyakan informasi kepada teman-teman dan kenalan Anda.

Mulai Membuat CV

Cara membuat curriculum vitae yang menarik adalah relevansi isi dan desain yang menarik. Buatlah desain yang mudah dibaca, minimalis dan layout yang rapi. Berbagai contoh desain atau format CV dapat Anda cari dalam kolom pencarian dengan kata kunci “CV Design”.

Anda disarankan untuk memilih desain yang sederhana dengan kombinasi warna yang pantas dan gunakan simbol-simbol yang dapat dipahami oleh pembaca.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Baca Ulang dan Perbaiki Kesalahan dalam CV

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu membaca ulang CV yang telah Anda buat tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalkan kesalahan dan memastikan bahwa CV Anda sudah tersusun dengan rapi. Tentunya sangat disayangkan jika Anda sudah susah-susah cari cara membuat curriculum vitae yang menarik ternyata kesalahannya adalah typo. Cek kembali tata bahasa dan ejaan yang salah dan menggunakan kalimat yang jelas, singkat serta efektif. Usahakan menggunakan kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku. Gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau mencari kata-kata baku dari artikel-artikel di website internet.

Sekian artikel tentang tips membuat daftar Riwayat hidup. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ini Yang Perlu Anda Tahu Tentang Surat Peringatan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar