4 Tips Mengikuti Seleksi Officer Development Program
Siker.id | 18 Feb 2022 15:00


Bagikan ke
mengikuti seleksi officer development program. (siker)

siker.id - Setiap tahunnya, ada banyak sarjana muda yang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan. Sebelum mendapatkan karyawan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, biasanya perusahaan menyelenggarakan pelatihan pra kerja atau yang biasa disebut Officer Development Program (ODP).

Sebelum mendaftar program ODP ini, ada baiknya Anda melakukan persiapan yang matang agar bisa lolos dalam tahap seleksi. Berikut tips sukses seleksi Officer Development Program (ODP):

Baca juga: Tips Memulai Karir bagi Fresh Graduate di Tahun 2022

Seleksi Perusahaan

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya Anda mempelajari perusahaan yang akan Anda lamar. Pastikan syarat-syarat yang dibutuhkan dan diminta perusahaan tersebut sesuai dengan kriteria Anda. Karena jika sebagai ODP berhenti sebelum waktu yang telah ditetapkan akan dikenakan sanksi berupa denda.

Lengkapi CV dan Kemampuan Diri Anda

Untuk mengikuti program ODP, secara umum terdapat beberapa syarat yang harus terpenuhi, diantaranya:

• Minimal IPK 3.00

• Minimal Tes TOEFL 500

• Lolos seleksi matematika dasar

• Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

• Bisa berpikir secara logis, jujur, dan bisa bekerja dibawah tekanan

• Siap untuk ditempatkan di mana pun

• Pernah mengikuti organisasi akan menjadi nilai plus.

Pastikan semua sudah memenuhi kriteria di atas agar bisa lolos pada seleksi administratif.

Baca juga: Berikut Keunggulan Fresh Graduate di Dunia Kerja

Ikuti Tes Tulis dan FGD dengan Cermat

Sebelum melakukan interview, biasanya perusahaan melakukan tes tertulis seperti tes psikotes, TOEFL, dan Forum Group Discussion. Untuk itu, jangan lupa untuk sering berlatih agar saat mengikuti tes Anda bisa menjawab dengan benar.

Bila perlu Anda bisa membeli buku tes psikotes atau TOEFL yang bisa didapatkan di toko buku terdekat atau mencari dari sumber internet.

Jaga Kesehatan

Setelah melakukan tes tertulis adalah medical check up. Agar bisa lolos dalam tes ini, jangan lupa untuk rutin berolahraga dan mengkonsumsi suplemen vitamin. Usahakan Anda juga memiliki tinggi dan berat badan yang proporsional. Tetap jaga Kesehatan dankebugaran Anda seblum mengikuti medical check up karena poin ini menjadi hal yang penting apakah Anda akan lolos atau tidak nantinya.

Sekian artikel tentang tips mengikuti seleksi Officer Development Program. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Tantangan Fresh Graduate Menentukan Karir


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar