Pentingnya Program Manajerial di Perusahaan
Siker.id | 17 Feb 2022 19:30


Bagikan ke
Pentingnya program manajerial di perusahaan. (siker)

siker.id - Setiap karyawan baru yang direkrut perusahaan serta diberikan pengarahan dan wawasan tentang profil dan unit bisnis perusahaan disebut management trainee (MT). Dengan harapan bahwa hasil dari pelatihan dan pengembangan wawasan maupun karakter yang diperoleh karyawan nantinya akan dijadikan bahan seleksi untuk dipromosikan kepada jenjang strategis di level manajemen perusahaan. Umumnya dalam program MT, calon karyawan akan diberikan berbagai jenis kegiatan untuk melihat kemampuan dan bakat masing-masing peserta.

Salah satu program management trainee atau (MT), umumnya calon karyawan akan dicoba berbagai macam jenis kegiatan untuk melihat kemampuan dan bakat dari masing-masing peserta pelatihan. Masa pelatihan biasanya sangat tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan, ada yang melaksanakannya dalam waktu 6 bulan bahkan ada yang sampai 1 tahun.

Berikut ini beberapa alasan pentingnya manajerial di perusahaan:

Baca juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan Management Trainee?

Menjadi incaran para fresh graduate

MT merupakan program untuk para fresh graduate, agar bisa “sampai” di posisi manajerial dalam waktu yang lebih singkat. Bisa dikatakan ini merupakan proses pelatihan spesial, ketika Anda akan diberikan pengarahan dan pengetahuan tentang perusahaan, sekaligus mengembangkan karakter. Pelatihannya memakan waktu berbeda-beda setiap perusahaan, dan memiliki kontrak selama masa MT tersebut. Selain diberikan pelatihan, Anda juga akan memiliki pekerjaan lainnya yang akan Anda kerjakan sehari-hari. Dengan menjadi seorang MT Anda akan juga melalui proses learning by doing. Ada perusahaan yang tidak membuat spesifikasi MT, jadi Anda akan merasakan semua divisi yang ada.

Digaji untuk belajar

Alasan lainnya, jika biasanya kita harus membayar untuk belajar suatu hal, justru terjadi yang sebaliknya. Dengan menjadi MT, secara tidak langsung berarti Anda digaji untuk belajar banyak hal soal perusahaan dan dirimu sendiri. Belajar sistem kerja perusahaan, bagaimana bisnis dijalankan di sana, bagaimana karakter klien yang dihadapi, sampai belajar mengenai diri sendiri dan apa yang dibutuhkan untuk posisimu nanti.

Baca juga: Apa Peran Management Trainee Bagi Perusahaan?

Bekerja sesuai dengan minat dan bakat

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, sistem MT perusahaan yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Kebanyakan, perusahaan memakai sistem generalisasi untuk prosesnya. Jadi MT diajari dan disuguhkan dengan berbagai jenis divisi pekerjaan. Misalnya saja, Anda akan mencoba berbagai pekerjaan mulai dari finance, marketing, komunikasi, sampai juga supply chain. Dengan begitu, supervisor akan bisa mengetahui di mana kemampuan terbaik Anda bisa dikeluarkan. Anda pun juga bisa ikut berdiskusi, dan menjelaskan peran mana yang paling Anda senangi di bisnis tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang, dan bekerja sesuai minat dan bakat Anda.

Sekian artikel tentang pentingnya program manajerial di perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 4 Manfaat Merekrut Anak Magang bagi Perusahaan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar