Tips Merespon Jika Ditegur Atasan
Siker.id | 17 Feb 2022 17:50


Bagikan ke
Merespon jika ditegur atasan. (siker)

siker.id - Setiap pemimpin pasti memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda-beda. Hal ini praktis memengaruhi cara mereka dalam menegur bawahannya. Ada yang cenderung halus, namun ada juga yang cenderung penuh amarah.

Lalu, bagaimana seharusnya kita merespon teguran ini? Jika kamu sedang berada dalam situasi ini, beberapa tips berikut ini bisa jadi guide kamu saat sedang ditegur oleh atasan, nih!

Simak baik-baik ulasannya berikut ini, yuk!

Baca juga: Tips Mendapatkan Apreasiasi dari Atasan

Tetap tenang, kendalikan emosimu

Tips pertama adalah menenangkan diri terlebih dahulu. Jangan terbawa emosi ketika atasan tiba-tiba menegurmu. Bagaimanapaun juga, atasan pasti memiliki alasan tersendiri mengapa mereka akhirnya melakukan ini.

Buat suasana sekondusif mungkin untuk mencegah perselisihan yang mungkin saja bisa terjadi. Emosi yang terjaga bisa membuat pikiran kita jernih sehingga respon yang akan kamu berikan nanti akan lebih bijak lagi.

Dengarkan dan pahami dulu

Dengarkan teguran dengan penuh perhatian. Dengan begitu, kita akan mengerti apa sebenarnya kesalahan yang telah kamu lakukan. Hindari bereaksi dengan kemarahan serta bahasa tubuh yang negatif meski atasan menyampaikan teguran dengan cara yang kasar. Alhasil, kita akan tahu pokok permasalahan yang sebenarnya terjadi.

Baca juga:  Tips Ampuh Bikin Atasan Senang

Jika terbukti salah, segeralah minta maaf

Jika berdasarkan teguran atasan ternyata kamu tebukti melakukan kesalahan, maka jangan ragu untuk segera meminta maaf. Lakukan dengan tulus. Meminta maaf tak akan membuat harga dirimu jatuh, kok.

Selain minta maaf, akui juga kesalahan yang telah kamu lakukan serta katakan jika kamu akan melakukan lebih baik lagi ke depan. Hal ini akan membuat atasan lebih respect lagi padamu.

Jika salah sasaran, mintalah percakapan secara personal

Tak jarang atasan salah sasaran dalam menempatkan teguran pada kita. Apalagi jika teguran dilakukan di depan rekan kerja lain, pasti kita merasa makin malu dan takut.

Nah, jika kamu berada di situasi ini, maka mintalah percakapan secara personal empat mata. Katakan jika permasalahan ini di luar kendali kamu. Jangan lupa menyampaikannya dengan sopan, ya!

Sekian artikel tentang tips merespon jika ditegur atasan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Cara Paling Efektif Menegur Atasan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar