Berikut 4 Cara Menumbuhkan Leadership di Perusahaan
Siker.id | 17 Feb 2022 16:40


Bagikan ke
Menumbuhkan leadership di perusahaan. (siker)

siker.id - Leadership adalah salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.

Karena dianggap sangat penting, sebaiknya setiap individu terutama pihak Manajer berusaha untuk menumbuhkan skill leadership dalam diri masing-masing. Selain akan menguntungkan perusahaan dalam mencapai tujuan, memiliki skill leadership juga menguntungkan bagi individu.

Berikut cara menumbuhkan skill leadership di dalam perusahaan:

Baca juga: Berikut Beberapa Life Skill yang Perlu Dikuasai

Menginspirasi Orang Lain

Menjadi seorang pemimpin berarti secara tidak langsung membuat seorang individu menjadi bagian suatu tim. Seorang yang ditunjuk sebagai pemimpin harus dapat memotivasi dan menginspirasi orang-orang yang bekerja untuk berkolaborasi sebaik mungkin. Ketika seorang anggota tim membutuhkan dorongan atau bimbingan, tawarkan itu. Terkadang, yang dibutuhkan seseorang hanyalah seseorang untuk mendengarkan dan bersimpati.

Berdayakan Rekan Tim

Memberdayakan tim bisa melalui memberikan kepercayaan atau delegasi tugas kepada individu yang lain. Tidak mungkin suatu pekerjaan mampu dihadapi sendiri. Mendelegasikan tugas kepada orang lain tidak hanya membantu pekerjaan untuk cepat selesai, tetapi juga memberdayakan orang lain di tim dan melatih skill orang lain tersebut.

Baca juga: Berikut 4 Super Skill yang Menjadi Incaran Perusahaan

Pahami Kekuatan dan Cara Menggunakannya

Setiap individu dilahirkan memiliki keunikan dan kekuatan yang berbeda-beda. Kekuatan pada setiap individu akan bermanfaat besar ketika dimanfaatkan dengan cara yang baik. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah benar-benar menguji kekuatan dan kelemahan. Setelah individu menyadari bakat tersembunyi, individu tersebut akan menikmati kekuatan dari dirinya sendiri.

Berlatih disiplin

Mengembangkan disiplin dalam kehidupan profesional dan pribadi Anda adalah suatu keharusan untuk memiliki skill leadership yang efektif sekaligus untuk menginspirasi orang lain turut menjadi disiplin. Orang akan menilai kemampuan dan kredibilitas dengan sikap disiplin yang diperlihatkan di tempat kerja.

Tunjukkan disiplin di tempat kerja dengan selalu memenuhi tenggat waktu, menepati janji, dan mengakhiri pertemuan tepat waktu. Jika merasa kesulitan untuk disiplin, cobalah dari hal yang kecil seperti; bangun pagi dan berolahraga setiap hari,rutin membersihkan rumah, dan sebagainya.

Sekian artikel tentang tips menumbuhkan skill leadership di perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Skill yang Wajib Dipelajari Digital Marketing


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar