icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Anda pernah Dimanfaatkan? Ini Tipe-tipe Modus di Kantor
Siker.id | 16 Feb 2022 16:25


Bagikan ke
Tipe modus di kantor. (siker)

siker.id - Memang benar bahwa gak semua orang di tempat kerja itu jahat, tapi kamu tetap harus berhati-hati demi menjaga diri sendiri dan kariermu. Karena ada banyak banget tipe rekan kerja yang akan kamu temui selama bekerja, dan tidak jarang ada yang bermuka dua mempunyai modus.

Ada banyak modus yang biasa terjadi di lingkungan kerja, mulai dari mendapat keringanan kerja, menjatuhkan di depan atasan, hingga mencari kesalahan dengan mengintip hasil kerjamu. Kamu harus bisa menjaga diri dari berbagai macam modus yang mereka coba lakukan padamu, yang mana lima di antaranya akan dibahas di bawah ini. Jadi simak baik-baik ya!

Baca juga: 5 Tipe Rekan Kerja di Kantor

Sering memintamu membantu menyelesaikan pekerjaan

Modus pertama yang sering banget terjadi di lingkungan kerja ialah memintamu untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Biasanya hal ini dilakukan oleh senior atau orang yang kedudukannya lebih tinggi karena merasa berhak memerintah.

Kamu harus hati-hati dengan tipe modus yang satu ini. Boleh-boleh saja jika menyanggupinya kalau memang mau membantu, tapi jangan sampai pasrah saja jika dimintai tolong terus menerus karena tujuannya adalah untuk memanfaatkanmu.

Playing victim di depan atasan kalau membuat kesalahan kerja

Modus lainnya yang sering terjadi di tempat kerja ialah jenis modus playing victim. Yang mana hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi dirinya sendiri di depan atasan dengan menjatuhkanmu.

Misalnya ketika ada kesalahan kerja yang terjadi dia akan playing victim dan menyudutkanmu atau orang lain sebagai gantinya. Banyak banget orang yang seperti ini di tempat kerja, jadi pastikan kamu bisa menjaga diri dan jangan terjebak dalam modusnya.

Baca juga: 4 Tipe Kepribadian DISC, Kamu Termasuk yang Mana?

Memintamu menjadi penjamin saat meminjam uang

Jagalah batas kedekatanmu dengan rekan kerja, bukannya gak boleh dekat-dekat tapi yang ditakutkan kalau terlalu akrab ialah kamu bisa dimanfaatkan oleh mereka. Salah satu modus yang sering terjadi ialah memintamu menjadi penjamin saat meminjam uang.

Hubungan dekat yang terjalin di tempat kerja menjadi dasar dari modus yang satu ini, yang mana kalau kamu menolak maka hal itu bisa merusak hubungan kalian dan membuat kalian jadi canggung. Tapi di sisi lain jika dituruti justru bisa membahayakanmu karena jika dia lepas tanggung jawab, kamulah yang menanggung utangnya. Modus berkedok loyalitas pada rekan kerja.

Sekian artikel tentang tipe-tipe modus dikantor. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Tipe Atasan di Kantor


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar