icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Belajar Online paling Efektif
Siker.id | 16 Feb 2022 19:30


Bagikan ke
Belajar online paling efektif. (siker)

siker.id - Terlepas dari di mana kamu berada dalam tahap belajar, mengetahui cara terbaik untuk belajar dan memahami ilmunya adalah kunci dari pertumbuhan intelektual. Pertumbuhan tidak dapat dicapai dalam secepat kilat jika kamu tidak menyimpan informasi sebanyak mungkin.

Sebenarnya tidak ada metode universal yang tepat untuk semua orang. Pasalnya, setiap orang berbeda dalam cara mereka belajar dan memahami. Untuk membantu dengan itu, di bawah ini telah dikumpulkan beberapa tips pembelajaran online paling efektif yang dapat kamu gunakan sendiri dengan berbagai metode. Selamat mencoba ya!

Baca juga: Keterbatasan Teknologi dan Psikologi Anak Belajar Online

Pilih waktu dan tempat terbaik untuk belajar

Memilih waktu belajar sangat penting dalam rangka memaksimalkan energi dan belajar pun jadi lebih efisien. Kita semua memiliki tingkat energi yang berbeda sepanjang hari dan beberapa dari kita lebih suka melakukan aktivitas tertentu pada titik-titik tertentu dalam sehari.

Mampu mencapai keseimbangan antara energi dan tingkat konsentrasimu sambil mempertimbangkan waktu dalam satu hari itu sangat penting dalam hal belajar dan bahkan untuk melakukan hal-hal lain.

Tinjau dan sederhanakan catatan

Meninjau catatan dan ide sebelumnya, tentu saja akan sangat membantumu untuk memahami keseluruhan isi pembelajaran. Pertimbangkanlah untuk meringkas semua catatan dalam poin inti sebagai petunjuk yang dapat kamu gunakan untuk mengingat informasi lainnya.

Selain itu, biasakan juga untuk meninjau ulang hasil catatanmu. Dengan meninjau berbagai hal secara terus-menerus, tidak kewalahan dengan jumlah informasi yang harus kamu tangani. Hal lain yang dapat kamu pertimbangkan adalah menyederhanakan prosesnya sebanyak mungkin. Jika kamu terus-menerus menyederhanakan prosesnya dari mengatur catatan hingga meringkasnya, kamu masih belajar dan berkembang.

Baca juga: Ketika Belajar Bahasa Tak Cukup dengan Tatap Muka

Belajar dengan kelompok, baik online maupun offline

Mendiskusikan topik dengan orang lain di sekitarmu adalah cara lain untuk membantu meningkatkan pembelajaranmu. Tips pembelajaran online ini sedikit berbeda dari tips sebelumnya karena lebih merupakan pendekatan kolaboratif untuk memahami sesuatu.

Ada manfaat lain juga dengan belajar bersama kelompok karena seseorang dapat melontarkan pertanyaan dan belajar bersama. Hal ini memungkinkan kamu untuk lebih fokus, lebih terikat dengan orang lain, dan dapat membantumu tumbuh dan mempertahankan motivasi juga.

Sekian artikel tentang tips belajar online paling efektif . Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Pekerjaan Part-Time untuk Mahasiswa


Editor: Theo Adi -

     

Komentar