icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Skill yang Harus Dikuasai Fashion Designer
Siker.id | 16 Feb 2022 18:00


Bagikan ke
Skill yang harus dikuasai fashion designer. (siker)

siker.id - Fashion designer atau perancang busana adalah salah satu profesi yang bergerak di industri kreatif. Mereka merupakan orang yang berbakat di bidang desain, menambahkan estetika, dan keindahan di pakaian, sepatu, aksesoris, dan item lainnya.

Tentunya, agar menjadi fashion designer yang membuat pakaian yang dikenakan atau dipasarkan banyak orang terasa nyaman dan banyak disukai, kamu perlu mendalami beberapa skill penting berikut ini:

Baca juga: Skill yang Harus Dikuasai Generasi Digital

Keterampilan berkomunikasi

Perancang busana harus bisa mengomunikasikan ide, rencana, progres, hambatan, hingga hasil pada orang lain. Membuat pakaian sekelas fashion designer bukan hanya proyek individu, kamu membutuhkan banyak orang agar berjalan sukses.

Setidaknya kamu perlu berdiskusi dengan suplier bahan, teman-teman penjahit, model, fotografer, hingga marketing yang membantu penjualan produkmu. Karena itu, kemampuan berkomunikasi sangat perlu kamu latih agar terhindar dari miskomunikasi.

Keterampilan menjahit dan menggambar

Menjahit dan menggambar merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki setiap fashion designer. Dengan gambaran yang baik, kamu bisa menyatukan keinginanmu dengan konsumen.

Kamu tidak perlu memahami sepenuhnya tentang keterampilan dasar konstruksi mode seperti pemakaian mesin jahit hingga terampil, namun para desainer harus tahu perihal skill yang berhubungan dalam pembuatan pakaian.

Baca juga: Skill yang Harus Dikuasai Seorang Content Creator

Art skill

Fashion designer biasanya membuat sampel produk yang akan diproduksi. Sering kali membuat gambar seperti lukisan, lalu menggabungkan warna yang berbeda, membuat sketsa, bahkan membuat mini pakaian.

Seorang fashion designer harus bisa mengerti bagaimana caranya menyeimbangkan kain, warna, dan pola dari gambar yang dibuat. Karena itu, mempelajari art skill sangat perlu diperhatikan para desainer.

Melatih kreativitas

Ide-ide baru yang segar sangat diperlukan oleh semua orang yang bekerja di industri kreatif, termasuk fashion designer. Dengan begitu cepatnya industri ini bergerak, keterampilan kreativitas harus terus diasah.

Selain itu, desainer juga perlu terampil menganalisis tren mode yang akan datang serta menciptakan gaya baru yang lebih inovatif. So, sebagai perancang busana yang kredibel, jangan pernah malas melatih keterampilan untuk berpikir kreatif, ya.

Sekian artikel tentang skill yang harus dikuasai fashion designer. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Beberapa Life Skill yang Perlu Dikuasai


Editor: Theo Adi -

     

Komentar