Tips Menenangkan Diri saat Overwork
Siker.id | 16 Feb 2022 16:45


Bagikan ke
Menenagkan diri saat overwork. (siker)

siker.id - Overwork merupakan sebuah kondisi di mana seseorang yang melakukan semua pekerjaan secara berlebihan. Hal tersebut akan membuat kondisi fisik maupun mentalmu menjadi terkuras habis karena bekerja yang terus menerus tanpa diimbangi istirahat. Pikiranmu juga akan ikut merasa tidak tenang sebab beban pekerjaan yang dipikul sangatlah berat.

Dengan kata lain, overwork adalah sebuah hal yang wajib diantisipasi karena bakal berdampak negatif bagi dirimu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pikiran tetap tenang walaupun overwork. Berikut penjabarannya!

Baca juga: 3 Penyebab Kamu Dianggap Tidak Kompeten dalam Bekerja

Jangan ragu memberi tahu atasan

Selanjutnya, kamu harus memberi tahu atasanmu perihal hal tersebut. Hal seperti ini wajib dilakukan agar ia bisa memberikan pengertian lebih kepada dirimu. Jika kamu benar-benar kewalahan, percayalah bahwa atasanmu pasti akan berusaha untuk menemukan win-win solution.

Memang sih kamu pasti akan merasa tidak enak untuk melakukannya. Namun, hal tersebut wajib dilakukan demi kebaikanmu.

Jangan ragu mengambil cuti kerja untuk beberapa saat

Saat kamu merasa bahwa bebanmu terlalu berat karena overwork, jangan ragu untuk mengambil cuti. Terkadang, hal seperti ini dilakukan untuk kebaikan dirimu sendiri. Ajukan cuti kepada bosmu dengan mengatakan apa yang sebenarnya terjadi pada dirimu. Mereka pasti akan mempersilakanmu untuk melakukan hal tersebut.

Cobalah untuk ambil cuti selama beberapa hati atau seminggu untuk mengembalikan kesegaran pikiranmu. Setelah hal tersebut dilakukan, percayalah bahwa otakmu akan menjadi semakin fresh dan siap menghadapi pekerjaan yang mungkin sangat memberatkan ke depannya.

Baca juga: Suka Duka Bekerja di Freeport

Manfaatkanlah waktu istirahat dengan baik

kamu wajib banget memanfaatkan waktu istirahat dengan baik. Hal ini jarang dilakukan oleh seseorang yang sedang giat-giatnya bekerja. Kamu pasti cenderung lebih memilih untuk begadang tanpa memikirkan tubuh yang sejatinya harus diistirahatkan.

Ketika ada kesempatan untuk mengistirahatkan tubuh, manfaatkan hal tersebut sebaik mungkin. Jangan lakukan sesuatu yang bisa malah membuatmu capek.

Sekian artikel tentang tips menenangkan pikiran saat overwork. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 3 Alasan Pentingnya Bekerja dengan Tulus


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar