Berikut Pengertian dan Manfaat Etika Bisnis
Siker.id | 16 Feb 2022 11:45


Bagikan ke
Pengertian dan manfaat etika bisnis. (siker)

siker.id - Etika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ilmu tentang baik dan buruk suatu hal, serta tentang hak dan kewajiban moral. Etika selalu dijadikan pedoman dalam berbagai macam aspek kehidupan, termasuk bisnis perusahaan.

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa etika bisnis merupakan seperangkat panduan mengenai panduan kegiatan berbisnis dalam perusahaan.

Etika bisnis selalu dibutuhkan dalam perusahaan dari waktu ke waktu dan membentuk nilai dan prinsip kegiatan karyawan dan pemimpin terhadap perusahaan. Berikut ini manfaat etika bisnis yang bisa dirasakan perusahaan:

Baca juga: 4 Fungsi Dasar Manajemen Bisnis

Meningkatkan Citra Perusahaan di Mata Publik

Masyarakat publik akan memandang perusahaan memiliki citra positif jika perusahaan menjalankan etika bisnisnya dengan baik. Citra positif berkaitan dengan pembentukan relasi dengan masyarakat yang kuat.

Hubungan yang baik dengan masyarakat turut meningkatkan penjualan perusahaan kepada konsumen yang merupakan bagian dari masyarakat.

Menjaga Keharmonisan dengan Pihak Eksternal dan Internal

Relasi harmonis merupakan kunci bagi kelancaran proses bisnis perusahaan. Tanpa relasi harmonis dengan pihak eksternal dan internal, proses bisnis perusahaan tidak akan lancar.

Hal ini tentu dapat menjadi kontrol bagi interaksi perusahaan dengan pihak eksternal dan internal sehingga relasi yang harmonis dapat terjaga dengan baik.

Baca juga: 5 Lokasi Untuk Mencari Inspirasi Bisnis

Menciptakan Motivasi Kerja Bagi Karyawan

Etika bisnis membuat karyawan menemukan nilai lebih dalam pekerjaan mereka. Nilai-nilai tersebut tidak selalu berpatokan dengan gaji yang diberikan oleh perusahaan, bisa berupa tersebut dapat berupa pengembangan skill dan rasa bangga berkontribusi dalam perusahaan.

Nilai lebih akan memotivasi karyawan dan akhirnya merangsang kinerja karyawan yang jauh lebih baik dan produktif dari sebelumnya.

Membantu Pengambilan Keputusan Perusahaan

Pengambilan keputusan yang berpatokan pada etika bisnis akan mengurangi kesalahan pengambilan keputusan yang bertentangan dengan norma dan moral di dalammasyarakat. Pengambilan keputusan pun berjalan dengan lancar sesuai dengan norma dan moral yang berlaku.

Sekian artikel tentang pengertian dan manfaat etika bisnis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Bisnis Modal Kecil Buat Pemula


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar