Tips Mendapatkan Teman di Tempat Kerja Baru
Siker.id | 15 Feb 2022 17:40


Bagikan ke
Mendapatkan teman di tempat kerja baru. (siker)

siker.id - Memulai pekerjaan di tempat baru bukanlah hal yang mudah. Kita harus beradaptasi lagi dengan lingkungan kerja yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini memberikan kesulitan tersendiri bagi sebagian “anak baru”.

Nah, untuk itulah kita memerlukan teman yang bisa membantu kita melewati berbagai kesulitan ini. Namun, tidak semua “anak baru” mengetahui cara yang tepat untuk mendapatkan teman di tempat kerja baru. Apalagi mereka yang memang bersifat tertutup. Jika kamu salah satunya, yuk ikuti beberapa cara berikut.

Baca juga: 3 Tips Jaga Jarak dengan Rekan Kerja yang Manipulatif

Perkenalan diri dan ikut berpartisipasi dalam pembicaraan

Nah, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah perkenalan diri. Pastikan kamu memperkenalkan diri dengan semua orang yang kamu temui. Khususnya rekan kerja yang satu tim atau divisi denganmu.

Selain itu, jangan lupa ikut nimbrung ketika ada kesempatan untuk mengobrol. Seperti saat bertemu di toilet, lift, atau lobby. Buatlah obrolan-obrolan ringan dengannya. Kamu bebas memilih topik apapun yang membuatmu nyaman.

Hafalkan nama rekan kerja

Cara ini memang terkesan sepele, namun hal sederhana ini bisa memberikan nilai tambah tersendiri bagi kamu. Menghafal nama rekan kerja lain membuatnya merasa lebih dihargai . Hal ini juga bisa memperakrab kalian, lho.

Biasakan untuk memanggil namanya ketika berbicara dengan mereka. Dengan begitu kamu akan meninggalkan kesan positif padanya.

Baca juga: Tips Dihormati oleh Rekan Kerja

Perbanyak interaksi dengan rekan kerja lain

Semakin banyak kamu melakukan interaksi dengan rekan kerja lain, maka kamu akan semakin mudah untuk akrab dengan mereka. Beda halnya jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu sendiri di meja kerjamu saja, tentu peluang mendapatkan teman akan semakin kecil.

Cobalah untuk ikut makan siang atau makan malam bersama di luar kantor. Kegiatan ini bisa membantumu lebih akrab lagi dengan mereka. Jangan hanya diam saja, perbanyak interaksi.

Bergabung dengan kelompok atau komunitas tertentu

Tak jarang kita menemui beberapa kelompok atau komunitas tertentu di tempat kerja. Misalkan klub olahraga, klub pecinta alam, dan sebagainya. Cobalah untuk masuk ke kelompok yang sesuai dengan minat atau kesukaanmu.

Ketika kita berkumpul dengan rekan kerja yang memiliki kesenangan sama, maka akan memudahkan kita dekat dengannya. Selain menyenangkan, bergabung di komunitas bisa memperluas relasimu.

Sekian artikel tentang tips mendapatkan teman di tempat kerja baru. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tanda Anda Terlalu Baik Sebagai Rekan Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar