Manfaat Show Gratitude di Tempat Kerja
Siker.id | 15 Feb 2022 16:40


Bagikan ke
Manfaat show gratitude. (siker)

siker.id - Setiap pekerja pasti ingin dihargai atas segala kontribusi yang ia lakukan. Sayangnya, masih banyak tempat kerja yang melupakan hal ini. Padahal, memberikan apresiasi atau sekedar ucapan terima kasih adalah hal yang sederhana saja.

Showing gratitude merupakan langkah mudah yang memiliki dampak besar bagi para pekerja, lho. Bukan hanya mendorong peningkatan kinerja saja, namun ada banyak manfaat positif lainnya. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Berikut 4 Solusi untuk Deadline Kerja

Memotivasi pekerja untuk jadi yang terbaik

Pekerja yang merasa dihargai pasti akan termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi tempat kerjanya. Mereka akan terus berusaha memberikan kontribusi terbaiknya karena setiap kerja keras yang mereka lakukan terus diapresiasi.

Coba bayangkan jika kontribusimu dihiraukan atau bahkan diremehkan begitu saja, tidak peduli seberapa keras kamu mengerjakannya. Pasti hal itu akan membuatmu bad mood dan akhirnya mempengaruhi motivasi kerjamu.

Produktivitas naik

Showing gratitude juga berdampak positif bagi produktivitas pekerja. Bentuk apresiasi ini mampu menciptakan emosi positif sehingga mendorong keterlibatan mereka dalam melakukan aktivitas di dunia kerja.

Selain itu, suasana hati yang baik juga akan meningkatkan antusiasme dalam melakukan pekerjaan. Nah, hal ini akhirnya menjadikan produktifitas pekerja ikut naik.

Meningkatkan kinerja baik individu, tim, serta organisasi

Showing gratitude juga memberi efek luar biasa dalam peningkatan kinerja. Baik secara individu, tim, hingga lingkup organisasi. Bentuk validasi ini dapat meningkatkan rasa percaya diri serta rasa percaya satu sama lain.

Nah, hal ini mendorong mereka untuk saling membantu antar rekan kerja. Interaksi produktif pun juga akan tercipta. Tentunya hal ini baik bagi keberlangsungan tempat kerja.

Baca juga: Berikut 4 Perilaku Kerja Prestatif

Mendorong kesuksesan tempat kerja

Pekerja merupakan salah satu aset penting bagi perusahaan. Jika pekerja puas, maka mereka akan memberikan imbal balik yang memuaskan pula bagi perusahaan.

Nah, penerapan showing gratitude yang konsisten akan mengarahkan pekerja pada hal-hal yang positif yang pada akhirnya mendorong penciptaan inovasi yang bagus bagi kesuksesan perusahaan.

Meningkatkan kesehatan fisik dan mental

Faktanya, showing gratitude sangat bermanfaat baik bagi pemberi maupun penerima. Hal ini berimplikasi positif bagi pikiran dan akhirnya menyebar ke seluruh aspek tubuh kita. Ketika kita berada di lingkungan kerja yang nyaman, dimana segala kontribusi kita dihargai maka terciptalah energi positif yang baik untuk kesehatan fisik maupun psikologis kita. Walaupun sederhana, showing gratitude ternyata memberikan manfaat yang luar biasa bagi keberlangsungan tempat kerja. Nah, mulai hargai dan apresiasi para pekerja karena mereka adalah salah satu aset penting yang bisa menyukseskan tempat kerjamu.

Sekian artikel tentang manfaat melakukan show gratitude di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Cara Berpikir Dewasa tentang Persaingan di Dunia Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar