4 Alasan Perusahaan Perlu Memakai Recruitment Agency
Siker.id | 15 Feb 2022 13:30


Bagikan ke
Perusahaan perlu memakai recruitment agency. (siker)

siker.id - Recruitment agency bisa jadi penyelamat perusahaan Anda, terutama dalam hal membantu perusahaan menemukan kandidat yang tepat.

Ada kalanya, perusahaan saat ini kesulitan merekrut karyawan yang sesuai kriteria. Terlebih jika perusahaan tidak memiliki penanggung jawab yang menangani rekrutmen.

Sementara HR perusahaan tengah disibukkan dalam menangani compliance dan administrasi ketenagakerjaan. Jika Anda memberikan tugas proses rekrutmen –mulai dari penyaringan CV hingga onboarding– akan menambah tekanan pekerjaan ke HR dan menyita waktunya untuk melakukan pekerjaan yang bersifat mendesak.

Oleh karena itu, recruitment agency menjadi solusi ideal untuk memperoleh karyawan yang sesuai kriteria perusahaan.

Berikut alasan banyak perusahaan menggunakan recruitment agency:

Baca juga: 4 Tips Membuat CV Fresh Graduate untuk Perusahaan Retail

Tidak memahami pasar tenaga kerja

Terkadang perusahaan tidak memahami pasar tenaga kerja. Karena sektor tenaga kerja yang semakin berkembang.

Sedangkan recruitment agency memiliki akses terhadap kandidat, data kandidat dengan keahlian tertentu, ekspektasi karier kandidat, tren pasar, sudut pandang budaya tentang rekrutmen, hingga kompleksitas perekrutan saat ini yang bermanfaat bagi perusahaan Anda.

Kurang mengetahui tren perkembangan gaji

Karena recruitment agency mengetahui tren terkini isu ketenagakerjaan, maka mereka bisa memberikan informasi ke Anda tentang perkembangan gaji.

Bahkan headhunter akan menyarankan klien dalam membuat kualifikasi, tunjangan dan fasilitas yang saat ini dibutuhkan, hingga negosiasi gaji dengan kandidat, sehingga semua pihak terwakili kebutuhannya.

Baca juga: Tips Produktif Kerja ala CEO Perusahaan Besar

Kerap menerima pelamar, bukan kandidat

Ketika membuka informasi lowongan pekerjaan, Anda akan dihujani surel dari pelamar. Mereka tertarik melamar ke perusahaan Anda karena mereka merasa mampu menempati posisi tersebut.

Setelah Anda periksa curriculum vitae, banyak yang tidak cocok dengan kualifikasi yang ditetapkan. Proses ini membuat Anda lelah? Tak bisa dipungkiri. Menyita waktu? Tentu saja.

Pertimbangkan untuk menggunakan recruitment agency. Karena mereka berperan menyaring pelamar dan memberikan Anda kandidat yang sesuai kriteria.

Bisnis perlu berjejaring

Jejaring bisnis tak hanya melibatkan perusahaan lain di bidang sama. Perusahaan Anda juga membutuhkan berjejaring dengan headhunter. Karena mereka memahami dan mengelola setiap proses secara efisien dari kerumitan rekrutmen, sehingga Anda dapat merampingkan waktu dan tenaga.

Sekian artikel tentang alasan perusahaan perlu memakai recruitment agency. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Mengapa Pekerja Sosial Diperlukan di Perusahaan?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar