4 Tips Menentukan Tujuan Professional Development
Siker.id | 15 Feb 2022 12:00


Bagikan ke
Menentukan tujuan professional development. (siker)

siker.id - Seorang pemimpin yang baik tentunya ingin tim yang ia pimpin berhasil secara profesional dalam mencapai target yang sudah ditentukan. Tentunya hal ini tidak bisa dilakukan dengan mudah, Anda perlu untuk membuat tujuan professional development program yang bisa membantu tim mencapai tujuan serta mengembangkan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing anggota tim.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu tim yang Anda pimpin mampu untuk menentukan tujuan pengembangan profesional!

Baca juga: Tips Memulai Karir bagi Fresh Graduate di Tahun 2022

Terapkan metode SMART dalam tim

Metode SMART merujuk pada Specific, Measureable, Achievable, Relevant, and Time-bound. Metode ini merupakan salah satu alat yang bisa memudahkan Anda dan juga tim dalam menentukan tujuan profesionalnya.

Selain itu, penggunaan metode ini dalam membuat tujuan yang sudah ditetapkan untuk tetap realistis dan bisa diukur, sehingga akan membuat Anda dan juga tim tetap pada jalur yang sudah dibuat.

Fleksibel

Tips berikutnya yaitu fleksibilitas. Di dalam dunia kerja, segala sesuatu bisa berubah dengan cepat, begitu juga dengan tujuan atau rencana yang telah Anda buat bersama dengan tim. Menjadi fleksibel artinya bisa beradaptasi dengan perubahan dengan cepat apabila memang diperlukan.

Kemampuan ini akan membantu tim Anda dalam mencapai tujuan dan bisa berkembang secara profesional dengan baik.

Baca juga: Berikut Tips Menentukan Gaji atau Jabatan dalam Karir

Bantu tim Anda menentukan tujuannya

Tips berikutnya yang harus dilakukan oleh Anda sebagai pemimpin di dalam sebuah tim yaitu membantu anggota tim Anda dalam menentukan tujuan profesionalnya.

Tidak semua orang mampu untuk menentukan tujuan profesionalnya. Maka dari itu, tugas Anda sebagai pemimpin yaitu membantu, membimbing, dan memberikan arahan dalam proses menentukan tujuan profesionalnya.

Membuat perencanaan tim

Dalam membuat sebuah professional development goals, dibutuhkan suatu rencana yang berguna sebagai pedoman dalam mencapai tujuan tersebut.

Sebuah perencanaan yang baik dibuat untuk menjabarkan langkah-langkah dan juga usaha yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang sudah dibuat. Sebuah rencana dibuat agar setiap anggota tim tetap mengetahui tujuan dan langkah yang harus mereka tempuh agar segala tujuan yang sudah dibuat bisa tercapai dengan hasil yang optimal.

Sekian artikel tentang tips menentukan tujuan professional development dalam tim. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Perencanaan Karir yang Cocok Untuk Anda


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar