Berikut ini Manfaat Melakukan Journaling bagi Karyawan
Siker.id | 15 Feb 2022 11:20


Bagikan ke
Manfaat melakukan journalling bagi karyawan. (siker)

siker.id - Tahukah Anda orang sukses melakukan journaling dalam kesehariannya? Ternyata melakukan journaling dapat memiliki efek yang kuat dan positif pada kehidupan profesional Anda, termasuk meningkatkan kreativitas, mengurangi stres, dan meningkatkan produktivitas!

Journaling merupakan kegiatan dimana Anda menuliskan segala pikiran dan perasaan Anda saat itu juga. Anda dapat mengungkapkan apapun lewat journaling. Jurnal tersebut merupakan catatan tertulis dari pikiran dan perasaan Anda. Dengan journaling, Anda bisa mencari tahu apa yang membuat Anda senang ataupun kesal.

Jadi, melakukan journaling singkat yang memakan waktu tidak lebih dari sepuluh menit sehari memberi para karyawan berbagai perspektif baru tentang diri mereka sendiri sebagai seorang professional.

Berikut manfaat sebenarnya dari melakukan journaling:

Baca juga: 4 Perintah Atasan yang Dibenci Karyawan

Menurunkan tekanan darah tinggi

Menulis dalam jurnal dapat berdampak pada kehidupan orang-orang dengan tekanan darah tinggi.

Hal tersebut dilakukan dengan cara menuliskan emosi Anda, ini dapat menurunkan tekanan darah dan memiliki manfaat jangka panjang untuk kesehatan Anda. Hal ini juga merupakan cara cepat untuk mempertahankan produktivitas bebas stres!

Meminimalkan kebiasaan buruk dan tetap produktif

Jika Anda berada dalam pekerjaan yang sering memiliki waktu sibuk, tetap akan selalu ada godaan untuk scrolling media sosial atau teralihkan pada gangguan lainnya.

Agar menjaga produktivitas, para ahli menyarankan untuk membuat “jurnal produktivitas” untuk bekerja. Hal ini dapat meminimalkan kebiasaan buruk Anda selama bekerja, sehingga Anda dapat lebih produktif.

Baca juga: 4 Manfaat Payroll Bagi Karyawan

Menciptakan kesadaran diri

Menuliskan perasaan Anda tentang situasi yang sulit dapat membantu Anda memahami kondisi diri serta meningkatkan self awareness dengan lebih baik. Dengan menempatkan pengalaman ke dalam kata-kata, ini memungkinkan Anda untuk membentuk persepsi baru tentang sebuah peristiwa atau kondisi tertentu yang sedang Anda hadapi.

Meningkatkan fokus untuk mencapai tujuan

Menulis tentang pekerjaan di jurnal Anda membantu Anda menandai tujuan karir & mencatat pencapaian-pencapaian Anda. Journaling akan menambah dosis positif dalam diri Anda setiap hari, dan aktivitas sederhana ini dapat memiliki manfaat jangka panjang.

Orang yang menuliskan tujuan dalam jurnal secara signifikan akan lebih mungkin untuk mencapainya karena lebih paham tentang tujuan diri mereka.

Sekian artikel tentang manfaat dari melakukan journalling. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Hal yang Menjadi Ketakutan Karyawan di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar