4 Tips Penjadwalan Kerja Karyawan yang Efektif
Siker.id | 15 Feb 2022 10:30


Bagikan ke
Penjadwalan kerja karyawan yang efektif. (siker)

siker.id - Penjadwalan kerja karyawan di setiap perusahaan adalah hal yang wajib dan perlu diatur khususnya oleh bagian divisi HRD. Atas dasar tersebut, HRD harus mengetahui cara membuat jadwal karyawan yang tepat dan efektif.

Membuat dan menentukan jadwal kerja karyawan tentunya jangan sampai merugikan karyawan itu sendiri sehingga dapat menurunkan produktivitas mereka, namun di sisi lain juga harus memperhatikan bisnis perusahaan itu sendiri.

Berikut ini cara mengatur jadwal kerja karyawan yang tepat:

Baca juga: Tips Merubah Jadwal Wawancara Kerja

Ikuti regulasi pemerintah

Perusahaan wajib mengikuti regulasi pemerintah dalam menyusun jadwal kerja. Baik itu jadwal kerja pada umumnya dan jadwal kerja sistem shift. Perusahaan juga harus memahami bagaimana regulasi perhitungan lembur khusus karyawan yang melakukan kerja di shift tertentu.

Contohnya, karyawan yang bekerja di shift malam dan shift biasa tentu saja berbeda. Karyawan yang bekerja di shift malam umumnya akan mendapatkan tunjangan shift malam dan akan dibayarkan tiap bulannya.

Gunakan software HRD

Software atau aplikasi HRD tentunya dapat Anda manfaatkan dalam pembuatan jadwal kerja karyawan. Membuat jadwal kerja karyawan dengan menggunakan bantuan aplikasi pastinya jauh lebih mudah dan lebih cepat.

Dengan bantuan software HRD pula Anda tidak perlu khawatir akan kesalahan dalam mengatur jadwal karyawan. Anda hanya perlu menyediakan daftar nama karyawan perusahaan dan menyesuaikannya dengan waktu yang ditetapkan.

Baca juga: Berikut Alasan Karyawan Resign Sebelum 90 Hari Kerja

Pahami kebutuhan karyawan

Memahami kebutuhan karyawan lebih dalam membuat penjadwalan yang Anda buat semakin efektif. Apalagi jika perusahaan Anda membutuhkan jadwal kerja shift agar tidak mengganggu produktivitas karyawan itu sendiri.

Tentunya Anda juga harus memahami bisnis perusahaan yang sedang Anda jalani. Hal ini agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan sehingga produktivitas perusahaan dalam mengembangkan bisnis tetap terjaga.

Buat jadwal secara jelas

Salah satu cara membuat jadwal kerja karyawan yang efektif yaitu dengan membuat penjadwalan yang jelas. Divisi HRD tentunya harus memastikan semua karyawan tahu mengenai jadwal kerja mereka. Oleh karena itu, jadwal kerja harus selalu diperbaharui dan disebarluaskan ke seluruh karyawan untuk menghindarkan kesalahpahaman.

Sekian artikel tentang tips penjadwalan kerja karyawan yang baik dan efektif. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Macam dan Manfaat Power Nap buat Karyawan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar