icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Skill yang Harus Dikuasai Generasi Digital
Siker.id | 14 Feb 2022 20:25


Bagikan ke
Skill yang harud dikuasai generasi digital. (siker)

siker.id - Perkembangan di dunia teknologi pada sekarang semakin pesat dan banyak perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Hampir di seluruh aspek dalam masyarakat terkena dampak dari adanya perkembangan teknologi yang semakin modern ini.

Adanya perkembangan teknologi ini banyak memudahkan dan menggantikan alat-alat yang ketinggalan zaman menjadi lebih cepat dan instan. Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan teknologi akan menggantikan tenaga manusia pada dunia pekerjaan.

Sekarang bisa dilihat di sekitar kita bahwa banyak pekerjaan yang telah digantikan oleh teknologi modern. Sebab itu, telah terangkum dibawah ini beberapa skill yang wajib dikuasai oleh generasi digital agar nantinya memudahkan kita dalam hidup di era modern ini, terutama dalam hal pekerjaan.

Baca juga: Berikut Skill yang Wajib Dipelajari Digital Marketing

Complex Problem Solving

Jika kamu merupakan orang yang tidak peduli atau cenderung melarikan diri ketika dihadapkan dengan suatu masalah, sebaiknya mulai sekarang kamu harus mulai berani menghadapi permasalahan itu.

Dengan mulai berani menghadapi permasalahan, artinya kamu sudah mencoba untuk mengasah complex problem solving yang kamu miliki. Dapat menguasai skill ini merupakan hal yang sangat penting karena saat di dunia kerja tidak bisa dipungkiri bahwa pasti akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan.

Setelah berhasil menguasai skill ini, kamu akan bisa menjelaskan serta memberikan solusi ketika dihadapkan dengan berbagai permasalahan. Sehingga nantinya kamu tidak perlu merasa takut dan bingung lagi ketika berhadapan dengan suatu masalah.

Critical Thinking

Berpikir sebenarnya merupakan suatu kemampuan pokok yang dimiliki oleh setiap manusia. Tetapi masih saja banyak orang yang malas dan bahkan tidak mau berpikir ketika dihadapkan dengan sesuatu, salah satunya ketika diberi pekerjaan sekolah atau kuliah.

Orang yang malas dalam berpikir biasanya akan mendapatkan masalah di pekerjaannya, misalnya saja salah membuat keputusan. Critical thinking sangat penting karena kamu akan menganalisis dan menghasilkan kesimpulan sehingga dapat meminimalisir terjadinya masalah atau kesalahan.

Dengan menguasai critical thinking ini, bisa membantu kamu ketika mengerjakan suatu pekerjaan sehingga akan mendapatkan hasil dengan optimal. Jadi, mulai sekarang banyaklah membaca dan berani menghadapi masalah untuk mengasah kemampuan critical thinking yang kamu miliki.

Baca juga: Berikut 4 Skill IT yang Banyak Dicari Perusahaan

Creativity

Kreatif dan inovatif merupakan skill yang wajib dipelajari oleh semua orang terutama pada era digital ini. Memiliki pemikiran kreatif akan membantu kita dalam berbagai hal, terutama dalam dunia usaha atau kerja di era perkembangan teknologi yang sangat cepat ini.

Dalam dunia kerja, seperti halnya perusahaan pasti akan mewajibkan para karyawannya untuk dapat menguasai skill ini. Hal itu bertujuan agar para karyawan bisa memiliki ide-ide baru dan tidak terpikirkan sebelumnya sehingga perusahaan bisa bersaing dan berbeda dengan yang lain.

Maka dari itu, mulailah dari sekarang untuk melatih kreatifitasmu dengan berani mencoba bereksperimen dengan hal-hal yang baru dan berani berbeda dari yang lain.

Sekian artikel tentang skill yang harus dikuasai generasi digital. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke semua orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Mengasah Skill IT agar Dilirik Perusahaan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar