4 cara Meningkatkan Penalaran Deduktif
Siker.id | 14 Feb 2022 08:00


Bagikan ke
Meningkatkan penalaran deduktif. (siker)

siker.id - Penalaran deduktif menjadi salah satu kemampuan yang dapat membantu kamu berpikir logis dan membuat keputusan yang tepat. Keterampilan yang berharga ini dapat diterapkan dalam berbagai cara, dari manajemen hubungan klien hingga resolusi konflik. Artikel ini membahas tentang apa itu penalaran deduktif, bagaimana penerapannya di lingkungan kerja, dan bagaimana meningkatkan keterampilan penalaran deduktif dalam diri kamu.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu kuasai untuk meningkatkan kemampuan penalaran deduktif.

Baca juga: Tips Memulai Karir bagi Fresh Graduate di Tahun 2022

Tingkatkan pengetahuanmu

Semakin banyak pengetahuan yang kamu miliki, semakin siap untuk membuat hubungan antara informasi dan membentuk kesimpulan yang tepat guna. Mulailah untuk mendengarkan podcast, baca buku, dan ikuti perkembangan tren industri terkini.

Sampaikan pikiranmu dengan jelas

Kamu mungkin menggunakan penalaran deduktif setiap hari tanpa menyadarinya. Berlatihlah mengidentifikasi logika di balik keputusan yang kamu ambil dan jelaskan alasan pilihan tersebut untuk mengidentifikasi pola pikir deduktif.

Baca juga: Berikut Tips Menentukan Gaji atau Jabatan dalam Karir

Ajukan pertanyaan yang konstruktif

Mintalah orang lain untuk menjelaskan logika yang mereka gunakan untuk menyimpulkan suatu masalah. Lalu, ajukan pertanyaan yang membangun. Mendengarkan perspektif lain dapat membantu kamu mengidentifikasi berbagai jenis penalaran deduktif dan belajar menerapkannya.

Bangun rasa ingin tahu dan kemampuan observasi

Keingintahuan membantu kamu mengumpulkan informasi, yang bisa digunakan untuk membuat premis dalam pengambilan keputusan. Saat kamu melakukan investigasi sebuah masalah, kemampuan observasi juga sangat diperlukan. Kemampuan observasi penting untuk dikuasai untuk mengembangkan kemampuan penalaran deduktif kamu.

Sekian artikel tentang cara meningkatkan penalaran deduktif. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir HR Recruiter


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar