4 Tips Membuat CV Fresh Graduate untuk Perusahaan Retail
Siker.id | 12 Feb 2022 18:00


Bagikan ke
Tips membuat cv fresh graduate untuk perusahaan retail. (siker)

siker.id - Indonesia memiliki pasar yang besar untuk bisnis retail, tidak heran jika banyak sekali perusahaan retail yang menyediakan barang siap pakai atau konsumsi kepada konsumen atau yang biasa disebut dengan user-end. Atas dasar pengertian retail tersebut, dibutuhkan banyak tenaga kerja untuk industri ini. Cakupan industri ini diantaranya adalah semua jenis barang siap pakai yang dijual satuan.

Ketika melamar pekerjaan, CV merupakan hal yang paling pertama dilihat oleh perekrut. CV harus menjelaskan dirimu dengan baik sehingga perekrut dapat mempertimbangkan apa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dalam membuat CV, kamu harus dapat menuliskan informasi yang relevan dengan singkat namun jelas.

Mengingat industri retail merupakan industri yang sangat dinamis, ada banyak sekali kandidat yang harus dipertimbangkan. Maka dari itu, pastikan untuk menulisnya dengan baik dan tunjukkan kualitas dirimu. Berikut tips dalam membuat cv khusus melamar perusahaan retail!

Baca juga: Tips Produktif Kerja ala CEO Perusahaan Besar

Fokus pada kepribadian dan skill

Karena orientasinya pada pelayanan konsumen, kebanyakan perusahaan retail lebih lebih berfokus pada kepribadian dan skill yang dimiliki. Ini merupakan kesempatanmu sebagai fresh graduate untuk menunjukkan kualitasmu. Kamu dapat mencantumkan nilai-nilai yang dibutuhkan di bisnis retail yang berhubungan dengan interaksi interpersonal seperti memiliki etika kerja yang positif, mudah beradaptasi, optimis, dan asertif.

Tunjukkan minat pada bisnis retail

Selain skill dan pengalaman semasa berkuliah, kamu juga dapat mempromosikan dirimu dengan menuliskan minatmu. Tunjukkan bahwa kamu sangat-sangat tertarik untuk terjun di bisnis retail dengan menuliskannya di bagian tentang dirimu. Kamu dapat menjelaskan bahwa kamu ada seorang fresh graduate yang tertarik dengan bisnis retail khususnya di bidang yang kamu lamar, dan ingin mengembangkan kariermu dan berkontribusi di industri retail.

Baca juga: Berikut 4 Super Skill yang Menjadi Incaran Perusahaan

Susun dengan format yang baik

Terakhir, kamu dapat menyusun semua informasi tersebut dengan susunan yang baik dan rinci. Sebisa mungkin hindari membuat CV lebih dari 2 halaman. Tujuan dari CV sebenarnya adalah untuk menunjukkan kualitas terbaikmu secara keseluruhan dengan singkat. Perekrut mungkin saja masih memiliki CV kandidat lain yang harus mereka baca.

Beri informasi yang penting dan relevan

Dalam membuat CV kita perlu memahami sudut pandang perekrut yang membaca CV. Pastikan bahwa kamu menuliskan informasi yang relevan dengan industri retail. Jika kamu mungkin pernah menjadi bagian dari divisi marketing saat magang, kamu dapat menuliskannya sebagai bahan pertimbangan perekrut. Hindari menulis informasi yang tidak relevan dan tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Sekian artikel tentang tips membuat cv bagi fresh graduate khusus perusahaan retail. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Mengapa Pekerja Sosial Diperlukan di Perusahaan?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar