4 Hal yang Diperhatikan Selama Menjadi Customer Service
Siker.id | 12 Feb 2022 17:00


Bagikan ke
Hal yang perlu diperhatikan selama menjadi customer service. (siker)

siker.id - Pada dasarnya, customer service adalah pelayanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan untuk para pelanggan mereka. Pekerjaan customer service yang utama adalah berupaya memberikan pelayanan tersebut, baik sebelum maupun setelah pelanggan membeli atau menggunakan produk. Jadi, sudah sangat jelas bahwa menguasai cara komunikasi yang baik adalah syarat utama untuk pekerjaan ini.

Bagi kamu yang berkecimpung di dunia customer service atau memang ingin berkarir di customer service, berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

Baca juga: Berikut 5 Skill yang Wajib Dikuasai Customer Service

Berlatih Mendengar Secara Aktif

Sebagai staf customer service, kemungkinan besar kamu akan berbicara secara langsung dengan pelanggan, baik bertatap muka atau melalui telepon. Dalam situasi ini, penting bagi kamu untuk mendengarkan apa yang dikatakan pelanggan dengan saksama. Dengan begitu, kamu akan benar-benar memahami maksud pelanggan dan dapat memberi respons yang sesuai.

Komunikasikan Respons dengan Jelas

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berbicara dengan jelas, terutama jika kamu memberi sebuah solusi atau instruksi pada pelanggan. Jika ada pelanggan yang mengalami kebingungan atau menyatakan keluhan, hal terbaik yang dapat kamu berikan adalah bantuan yang disampaikan dengan jelas.

Sampaikan informasi dengan detail; jangan berasumsi pelanggan sudah tahu banyak tentang produk. Pastikan mereka mengerti apa yang kamu sampaikan.

Baca juga: Berikut Tips Menentukan Gaji atau Jabatan dalam Karir

Kepuasan Pelanggan adalah Nomor Satu

Memberikan kepuasan pelanggan adalah tujuan utama seorang staf customer service. Berempati dengan pelanggan merupakan kuncinya. Kamu harus dapat mendengarkan pelanggan sambil mencoba memahami situasi mereka untuk dapat memberi pelayanan yang optimal.

Untuk memberi respons yang sesuai, kamu harus menempatkan dirimu sebagai pelanggan. Lalu, pikirkan apa yang sebaiknya dilakukan jika kamu berada di posisi mereka.

Kenali Produk yang Ditawarkan

Semua interaksi yang seorang staf customer service dengan pelanggan meliputi manfaat dari produk yang ditawarkan. Jadi, kamu harus mengenal betul produk tersebut.

Jika produk itu memiliki buku manual, membaca manual itu adalah langkah pertama yang bisa kamu ambil. Mengenali produk juga dapat dilakukan dengan bertanya langsung dengan kolega yang lebih tahu atau bahkan atasanmu.

Sekian artikel tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam karir customer service. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir HR Recruiter


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar