Tips Memulai Karir bagi Fresh Graduate di Tahun 2022
Siker.id | 12 Feb 2022 15:00


Bagikan ke
Memulai karir bagi fresh graduate di tahun 2022. (siker)

siker.id - Setiap akhir dan awal tahun baru, ada banyak orang di sosial media menyerukan frasa “new year, new me” sebagai resolusi untuk memulai awal yang baru dalam menyambut tahun baru tersebut. Perwujudan resolusi tersebut bisa saja dalam bentuk harapan untuk menjalani gaya hidup sehat, menjalin hubungan yang baik dengan orang sekitar, menemukan cinta sejati, hingga memiliki pekerjaan dan menjadi karyawan yang berkualitas.

Sebagai fresh graduate, kamu mungkin merasa kurang percaya diri ketika ingin melamar kerja karena belum memiliki pengalaman sama sekali. Perlu kamu ketahui, kesempatan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan sangat bergantung pada kesungguhannya dalam mempersiapkan rencana kariernya.

Berikut ini tips dalam mempersiapkan karir bagi fresh graduate di tahun 2022 ini!

Baca juga: Berikut Keunggulan Fresh Graduate di Dunia Kerja

Kenali perusahaan tempat kamu akan melamar kerja

Mengenali seluk-beluk perusahaan dapat menjadi nilai plus bagi kamu ketika akan melamar kerja. Dengan mengenali perusahaan, kamu dapat mengetahui keterkaitan skill dan pengalaman yang kamu miliki dengan pekerjaan yang kamu lamar. Pastikan kamu mencari informasi mengenai visi dan misi perusahaan, produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, kultur kerja, hingga tujuan jangka pendek dan panjang yang ingin diraih oleh perusahaan tersebut.

Memiliki pengetahuan akan hal tersebut dapat menguntungkan saat menghadapi tahap interview karena kebanyakan perekrut akan bertanya mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Membangun relasi yang luas

Relasi yang luas akan memiliki banyak manfaat dalam proses pencarian karier yang kamu inginkan. Jika kamu sudah mengetahui profesi dan bidang industri yang ingin kamu jalani, memiliki relasi yang tepat dapat membuka berbagai macam peluang untukmu. Kamu bisa mendapat banyak informasi penting tentang lowongan pekerjaan, bertukar pendapat tentang tantangan yang mungkin dihadapi, hingga mempererat hubungan pertemanan dengan rekan kerja dari relasi yang kamu miliki.

Baca juga: Tips Fresh Graduate jadi PNS

Melakukan research gaji

Sebagai seorang fresh graduate, kamu mungkin bingung tentang nominal gaji yang pantas kamu dapatkan karena belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Wajar saja jika kamu memiliki upah ideal yang kamu inginkan namun, sebagai fresh graduate, sebelum kamu mengajukan nominal kepada perekrut, pastikan untuk melakukan survei tentang standar gaji yang didapatkan oleh profesi yang akan kamu lamar.

Sekian artikel tentang tips memulai karir bagi fresh graduate di awal 2022. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Tantangan Fresh Graduate Menentukan Karir


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar