icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Buat yang Ingin Pindah Kerja Usia 20-an
Siker.id | 12 Feb 2022 14:00


Bagikan ke
Pindah kerja usia 20-an. (siker)

siker.id - Tiba-tiba kepikiran untuk pindah bidang pekerjaan di tengah-tengah karier? Gak usah khawatir, siapa pun bisa kepikiran hal ini karena berbagai alasan, mulai dari gaji yang lebih tinggi hingga menginginkan pekerjaan yang sesuai passion. Tapi mungkin gak, sih, pindah kerja ketika sudah di pertengahan 20-an?

Justru sekaranglah saat yang tepat untuk pindah pekerjaan. Usia bukanlah halangan untuk mengubah bidang pekerjaan. Bahkan, pindah bidang pekerjaan di awal karier bisa jadi kesempatan emas untuk mendapatkan pekerjaan impianmu!

Berikut tips bagi kamu yang mau pindah kerja di usia 20-an!

Baca juga: 3 Penyebab Kamu Dianggap Tidak Kompeten dalam Bekerja

Mempertimbangkan pindah industri atau tidak

Sebelum memilih pekerjaan yang diinginkan, tentukan terlebih dahulu perubahan karier yang diinginkan. Kamu bisa menentukan apakah kamu ingin mengubah bidang pekerjaan dalam industri yang sama atau mengubah bidang pekerjaan dalam industri yang berbeda. Dengan menentukan hal ini, kamu dapat memfokuskan diri pada bidang pekerjaan yang lebih spesifik.

Selain itu, kamu dapat mempertimbangkan perubahan karier secara lateral (ke samping). Perubahan karier lateral terjadi ketika seseorang mengubah pekerjaannya ke pekerjaan lain dengan tingkat dan gaji yang sama dalam perusahaan yang sama atau perusahaan yang berbeda.

Gunakan dan perluas networking-mu

Langkah selanjutnya adalah gunakan dan perluas networking-mu. Kamu bisa menggunakan networking-mu atau kenalan yang kamu percaya untuk meminta masukan mengenai apakah tujuan dan rencanamu realistis atau tidak. Kamu bisa saja mendapat perspektif dan saran baru mengenai perubahan bidang pekerjaan.

Selain itu, kamu dapat memperluas networking dan mendapat pengetahuan baru mengenai pekerjaan yang kamu incar dengan menghadiri seminar atau acara tertentu dalam bidang pekerjaan yang kamu pilih.

Baca juga: Berikut 3 Alasan Pentingnya Bekerja dengan Tulus

Mengubah citra diri (personal branding)

Langkah berikutnya adalah mengubah citra diri atau personal branding. Kamu perlu merevisi resume, surat lamaran, dan profil media sosialmu untuk membuat personal branding yang lebih sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu incar. Hal ini kemungkinan besar akan dilihat oleh perekrut. Kamu juga dapat menulis mengapa kamu merupakan kandidat terbaik untuk bidang pekerjaan yang kamu inginkan dalam resume dan surat lamaranmu. Kamu bahkan dapat membuat portofolio daring dan melatih kemampuan spesifik yang berkaitan dengan pekerjaan tertentu di media sosialmu atau web situs.

Sekian artikel tentang tips pindah kerja di usia 20-an. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Keuntungan Bekerja Seorang Diri


Editor: Theo Adi -

     

Komentar