Tips Mengembangkan Toko Kelontong
Siker.id | 11 Feb 2022 20:50


Bagikan ke
Mengembangkan toko kelontong. (siker)

siker.id - Apakah pembeli toko anda selalu orang itu-itu saja? Atau apakah omset toko Anda tidak mengalami kenaikan? Atau apakah penghasilan toko yang sudah Anda simpan jumlahnya sudah lumayan banyak dan ingin memaksimalkan bisnis anda? Mungkin anda sudah saatnya untuk mengembangkan bisnis agar mencapai hasil yang lebih maksimal. Apalagi kini banyak bermunculan minimarket dengan sistem franchise.

Setiap pelaku bisnis tentu ingin usaha yang digelutinya semakin berkembang, demikian pula dengan bisnis toko kelontong. Bisa jadi cara yang ditempuh untuk jenis bisnis berbeda-beda. Adapun untuk bisnis toko kelontong. Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh.

Berikut ini beberapa tips mengembangkan toko kelontong:

Baca juga: 5 Lokasi Untuk Mencari Inspirasi Bisnis

Menambah item/nama barang

Tentunya tidak asal menambah jumlah dan jenis barang, tetapi harus ada pemikiran barang apa saja yang kira-kira dibutuhkan orang yang belum ada di toko Anda. Jenisnya bisa beragam mulai dari makanan, minuman ringan, kebutuhan bayi, es krim, obat-obatan, alat-alat kebersihan, alat-alat listrik, pulsa, air galon, elpiji, dan lain-lainnya.

Hal ini bisa dilakukan atas dasar inisiatif atau pemantauan Anda sendiri atau karena banyaknya orang yang menanyakan suatu barang di toko Anda tapi tidak tersedia. Dengan semakin banyak item barang peluang bertambahnya omset juga semakin besar.

Menambah segmen pasar

Amati lingkungan di sekitar Anda segmen pasar mana yang belum tersentuh mulai dari anak-anak, pedagang, anak sekolah, pekerja kantor, dan lainnya. Segmen anak-anak bisa berupa jajanan, mainan atau minuman. Untuk segmen pedagang berupa bahan keperluan dapur sedangkan segmen anak sekolah berupa alat tulis.

Baca juga: Berikut Bisnis Modal Kecil Buat Pemula

Menambah jasa

Misalnya jasa laundry, loket pembayaran PLN atau Telkom. Untuk jasa laundry anda tidak perlu keluar modal karena banyak pemilik laundry yang menjalin kemitraan dengan sistem prosentase. Anda hanya cukup pasang papan nama, lalu tinggal menunggu pelanggan. Sedangkan untuk loket pembayaran PLN atau Telkom anda perlu mengeluarkan modal untuk menyediakan perangkat seperti komputer, modem atau langganan internet dan printer serta deposit yang memadai.

Memperbanyak titipan

Biasanya barangnya berupa makanan atau pernak-pernik. Anda tidak perlu mengeluarkan modal serta tidak menanggung resiko apabila tidak laku. Anda hanya perlu menjualnya saja. Walaupun Anda tidak mengeluarkan modal tapi keuntungannya lumayan untuk itu makin banyak titipan peluang menambah omset akan semakin besar.

Sekian artikel tentang tips mengembangkan took kelontong. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Memulai Bisnis Kuliner Buat Pemula


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar