Tips Menghadapi Wawancara Kerja via Telepon
Siker.id | 11 Feb 2022 17:50


Bagikan ke
Menghadapi wawancara kerja via telepon. (siker)

siker.id - Beberapa perusahaan lebih suka menggunakan wawancara kerja lewat telepon dibandingkan wawancara face-to-face (tatap muka) pada langkah pertama penyaringan kandidat yang telah melamar sebuah pekerjaan. Oleh karena itu, wawancara telepon menjadi sebuah langkah penting di dalam mencapai lebih dekat diterima, karena ini artinya bahwa Anda setidaknya diperhitungkan untuk panggilan telepon diluar ribuan resume yang diterima perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Beberapa perusahaan juga menggunakan wawancara kerja lewat telepon sebagai salah satu tahapan seleksi karyawan. Anda tetap bisa mengikuti wawancara ini meski sedang berada di luar kota atau sedang sibuk dengan aktivitas tertentu. Tentunya, Anda perlu menyiapkan diri sebelum jadwal wawancara via telepon. Persiapan yang baik akan membantu Anda dalam menjelaskan kemampuan, nilai, dan pengalaman Anda. Selain itu, persiapan juga akan membuat Anda tidak hanya berkata-kata namun juga bisa meyakinkan pewawancara. Anda memang tidak bertatap muka dengan pewawancara, namun bukan berarti Anda bisa melupakan aturan wawancara.

Baca juga: Tips Merubah Jadwal Wawancara Kerja

Wawancara kerja melalui telepon justru bisa menjadi tahap seleksi yang berat. Karena Anda harus bisa tampil melebihi kandidat lain sementara Anda tidak bertemu dengan pewawacara.

Berikut ini beberapa tips menghadapi interview kerja via telepon :

Mempersiapkan dengan matang

Persiapkan untuk sebuah wawancara telepon dengan sama seriusnya ketika Anda akan bertemu seseorang secara langsung. Teliti perusahaan yang dimaksud dan baca deksripsi pekerjaan dan pastikan kartu contekan dengan jawaban untuk mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan.

Mempersiapkan dokumen didekat Anda

Siapkan dokumen terkait pekerjaan yang dilamar di samping Anda seperti slip gaji, surat lamaran atau detail pekerjaan sebelumnya sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan dengan segera dan tanpa tertunda. Bahkan dalam beberapa detik jeda jelas di dalam telepon dan Anda tidak ingin membuat si pewawancara menunggu.

Baca juga: Tips Cerdik saat Mengisi Formulir Wawancara

Carilah tempat yang sepi

Pastikan Anda berada di sebuah tempat yang sepi ketika Anda manajer rekrutmen menelepon Anda. Apabila Anda di rumah, informasikan keluarga bahwa Anda tidak ingin diganggu selama panggilan. Tidak disarankan menerima panggilan wawancara di kantor jika Anda sedang bekerja. Pastikan diri Anda nyaman di ruangaan tersebut ketika Anda akan melakukan wawancara sebelum waktu yang ditentukan.

Sekian artikel tentang tips wawancara kerja via telepon. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Persiapan Wawancara Bagi Pekerja Senior


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar