icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Respon yang Baik saat Ditegur Atasan
Siker.id | 11 Feb 2022 16:50


Bagikan ke
Respon saat ditegur atasan. (siker)

siker.id - Setiap pemimpin pasti memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda-beda. Kepemimpinan yang baik juga bisa menjadi contoh baik bagi bawahannya. Hal ini juga praktis akan memengaruhi cara mereka dalam menegur bawahannya. Ada yang cenderung halus, namun, ada juga yang cenderung penuh amarah.

Lalu, bagaimana seharusnya kita merespon teguran ini? Berikut ini ulasannya!

Baca juga: Cara Paling Efektif Menegur Atasan

Dengarkan dan pahami dulu

Dengarkan teguran dengan penuh perhatian. Dengan begitu, kita akan mengerti apa sebenarnya kesalahan yang telah kamu lakukan.

Hindari bereaksi dengan kemarahan serta bahasa tubuh yang negatif meski atasan menyampaikan teguran dengan cara yang kasar. Alhasil, kita akan tahu pokok permasalahan yang sebenarnya terjadi.

Jika salah sasaran, mintalah percakapan secara personal

Tak jarang atasan salah sasaran dalam menempatkan teguran pada kita. Apalagi jika teguran dilakukan di depan rekan kerja lain, pasti kita merasa makin malu dan takut.

Nah, jika kamu berada di situasi ini, maka mintalah percakapan secara personal empat mata. Katakan jika permasalahan ini di luar kendali kamu. Jangan lupa menyampaikannya dengan sopan.

Baca juga: Tips Ampuh Bikin Atasan Senang

Jadikan sebagai pembelajaran

Jadikan berbagai teguran atasan sebagai pembelajaran kamu ke depan. Ambil poin-poin membangun dari apa yang atasan sampaikan. Berkomitmenlah pada diri sendiri jika kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Teguran ini juga bisa memotivasimu untuk terus memperbaiki diri demi pengembagan kinerja ke depan. Selalu ambil perspektif positif dari hal-hal yang kamu alami di dunia kerja.

Jika terbukti salah, segeralah minta maaf

Jika berdasarkan teguran atasan ternyata kamu tebukti melakukan kesalahan, maka jangan ragu untuk segera meminta maaf. Lakukan dengan tulus. Meminta maaf tak akan membuat harga dirimu jatuh, kok.

Selain minta maaf, akui juga kesalahan yang telah kamu lakukan serta katakan jika kamu akan melakukan lebih baik lagi ke depan. Hal ini akan membuat atasan lebih respect lagi padamu.

Sekian artikel tentang respon saat ditegur atasan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Perintah Atasan yang Dibenci Karyawan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar