icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menentukan Gaji atau Jabatan dalam Karir
Siker.id | 11 Feb 2022 16:30


Bagikan ke
Tips menentukan gaji atau jabatan dalam karir. (siker)

siker.id - Gaji atau jabatan: mana yang lebih penting? Yang lebih pragmatis mungkin lebih memilih kepastian slip gaji tetap, tapi mereka yang memiliki aspirasi tinggi mungkin lebih memilih jabatan yang memberi mereka ruang untuk tumbuh.

Dengan pengecualian jenis jabatan yang sudah jelas dilihat dari namanya, terutama kata kunci spesifik seperti ‘Kepala Departemen/Bagian’, ‘Direktur’, atau ‘Pimpinan/Lead’, yang biasanya sudah dengan gaji tinggi karena senioritas dan keahlian yang dibutuhkan, dapat cukup membingungkan di antara keduanya.

Dikatakan bahwa penting juga untuk mempertimbangkan ukuran dan rekam jejak perusahaan yang bersangkutan.

Berikut faktor-faktor yang bisa digunakan dalam memilih pilihan antara gaji atau jabatan:

Baca juga: 4 Alasan Susahnya Mendapatkan Promosi Jabatan

Motivasi

Dengan asumsi bahwa Anda tidak berada dalam kesulitan dan tidak terlalu membutuhkan kenaikan gaji yang besar, pertanyaan selanjutnya untuk bertanya kepada diri sendiri adalah, “Apa yang lebih memotivasi Anda?” Kita semua didorong oleh motivasi yang berbeda. Mengetahui apa motivasi kunci Anda akan memastikan bahwa Anda tetap antusias dan produktif dalam pekerjaan Anda.

Pikirkanlah apa yang membuat Anda lebih bersemangat, uang di bank, atau tanggung jawab yang lebih besar di tempat kerja?

Naluri

Seberapa terlukanya Anda di antara pilihan Anda, jika Anda mencari perasaan Anda dengan seksama, Anda akan bisa mendengar naluri Anda memberi tahu Anda ke mana harus pergi. Kita sering cenderung menekan naluri kita karena keraguan diri dan takut membuat keputusan yang salah, tapi semangat kita jarang terlalu jauh.

Studi ilmiah tentang intuisi telah membuktikan bahwa mempercayai naluri kita sering menghasilkan hasil yang lebih baik daripada mempercayai otak berpikir logis kita.

Baca juga: Berikut 5 Cara Agar Mendapatkan Promosi Jabatan

Prioritas

Jangan lupa perjelas prioritas Anda. Jenis pekerjaan yang keren sepertinya bagus, tapi jika upahnya jauh lebih rendah daripada pilihan B, dan Anda sangat membutuhkan dana tunai, pilihannya sudah jelas. Jika, di sisi lain, Anda stabil secara finansial dan menghasilkan gaji yang sedikit lebih rendah namun dengan prospek pertumbuhan jangka panjang yang lebih baik, nah, ini tampaknya adalah pilihan yang lebih bijaksana.

Sekian artikel tentang faktor penentu pilihan antara memilih gaji atau jabatan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tanda Anda akan Naik Gaji


Editor: Theo Adi -

     

Komentar