4 Tips Lolos Interview Kerja
Siker.id | 11 Feb 2022 10:45


Bagikan ke
Tips lolos interview kerja. (siker)

siker.id - Dalam proses mendapatkan sebuah pekerjaan, ada beberapa tahapan yang harus dijalani oleh kandidat. Mulai dari mencari lowongan pekerjaan, memasukkan berkas lamaran, menghadapi perekrut dalam interview kerja, hingga finalisasi perekrutan, dan tanda tangan kontrak.

Tahap wawancara kerja adalah tahap terpenting yang akan menentukan masa depan kariermu. Tidak hanya momen penentu kamu akan diterima atau tidak, pada tahap ini juga akan ada diskusi yang menentukan keseluruhan tanggung jawab kerja, ketentuan kontrak kerja, sampai kemungkinan gaji.

Jika kamu ingin lolos tahap interview, coba pakai beberapa tips berikut ini!

Baca juga: 4 Pertanyaan yang Sering Muncul saat Interview

Mencari info menyeluruh tentang perusahaan

Selain kualifikasi dan keterampilan yang dimiliki oleh kandidat, perekrut juga mengutamakan kandidat yang menunjukkan kepribadian, sikap, dan nilai yang sesuai dengan perusahaan. Perekrut akan menentukan apakah aspek-aspek tersebut akan cocok dengan tujuan perusahaan. Selain itu, aspek tersebut akan menentukan apakah kamu kandidat yang dapat beradaptasi dan mengikuti kultur kerja yang dimiliki oleh perusahaan.

Karena itu, penting untuk mengunjungi website perusahaan tersebut untuk mempelajari visi dan misi perusahaan, nilai-nilai yang diutamakan oleh perusahaan dan pegawainya, hingga cara kerja keseluruhan bidang industri perusahaan tersebut.

Menyikapi kekurangan sebagai pengembangan diri

Setelah mengenali kelebihan dan kekuranganmu, kamu akan lebih mudah menyusun jawaban interview yang mengarah ke hal yang positif. Jika pertanyaan yang disampaikan dirasa akan menunjukkan kekurangan dirimu, maka kamu dapat menyesuaikan caramu menjawab. Ketimbang terbuka mengakui kekuranganmu, kamu dapat mengubah hal ini menjadi motivasi untuk perkembangan diri yang lebih baik di masa depan.

Baca juga: Tips Percaya Diri saat Interview Kerja

Menunjukkan rasa percaya diri

Pastikan kamu menunjukkan sikap yang menggambarkan aura positif dan percaya diri di hadapan perekrut. Bahasa tubuh hingga sikapmu ketika berbicara dapat menentukan penilaian perekrut terhadap dirimu. Pastikan kamu menyapa atau memberi salam ketika masuk ruangan, kemudian duduk dengan posisi tegak, namun tidak terlalu kaku atau tegang. Perhatikan caramu berbicara serta bersikaplah dengan sopan dan profesional.

Hadir 30 menit sebelum wawancara dimulai

Peribahasa yang tepat untuk menyiapkan dirimu dalam menghadiri wawancara kerja adalah “perahu sudah di tangan, perahu sudah di air”. Artinya, kita harus siap sedia segala keperluan untuk melakukan atau menghadapi sesuatu. Misalnya, jika wawancaramu dijadwalkan pukul 10 pagi, maka kamu harus mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi kepadamu.

Katakanlah perjalananmu menuju tempat wawancara memakan waktu 30 menit, ada lagi kemungkinan jalanan macet, kamu tertinggal bus, atau terjebak hujan deras. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan buruk tersebut, sebaiknya kamu hadir di tempat wawancara 30 menit sebelum jadwal yang tertera.

Sekian artikel tentang tips lolos interview kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Pantangan Saat Interview Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar