Tips Perencanaan Karir yang Cocok Untuk Anda
Siker.id | 11 Feb 2022 08:00


Bagikan ke
Perencanaan karir yang cocok untuk Anda. (siker)

siker.id - Setelah lulus kuliah, biasanya akan mulai terlintas di pikiran “mau bekerja di mana dan sebagai apa?”. Kemudian kamu pun memikirkan perencanaan karier yang kira-kira cocok denganmu. Ketika kamu sudah mulai mencari pekerjaan dan mendapatkan posisi yang kamu inginkan, pasti kamu akan mulai mempertimbangkan gaji, jenjang karier, dan lingkungan kerja seperti apa yang kamu inginkan.

Tapi gimana sih caranya mengetahui pekerjaan yang cocok untuk kita? Berikut adalah tips untuk mengetahui pekerjaan apa yang cocok untukmu!

Baca juga: 4 Tips Memulai Karir di Usia 20 Tahun

Membuat daftar pekerjaan

Perencanaan karir pertama yang perlu kamu tahu adalah buatlah daftar pekerjaan yang menarik bagimu. Pilihlah pekerjaan atau posisi yang kamu sukai atau bahkan yang telah menjadi cita-citamu sejak masih kecil. Setelah itu, buatlah daftar pekerjaan atau industri yang sesuai dengan bakat, kepribadian, dan keterampilan yang kamu kamu miliki.

Bergaul dengan komunitas dengan minat sama

Kamu dapat menghabiskan waktu untuk berbincang dan membangun relasi dengan orang lain yang sudah menggeluti bidang pekerjaan yang kamu minati. Jika ada kesempatan, kamu mungkin bisa melihat langsung temanmu tersebut saat bekerja. Ini merupakan kesempatan yang bagus untukmu, sebab setidaknya kamu bisa mengetahui dan merasakan bagaimana keseharian temanmu ketika dia sedang menjalani pekerjaannya.

Kamu juga bisa menangkap gambaran tugas dan tanggung jawab yang dia kerjakan sehari-harinya.

Baca juga: Tips Rebranding bila Ingin Mengubah Karir

Lakukan survei informal

Cari tahu tentang pekerjaan impian kamu dan berbicaralah dengan orang atau teman yang sudah berada di posisi yang kamu damba-dambakan. Apa suka-duka di posisi tersebut? Adakah potensi pengembangan minat dan bakatmu di sana? Jangan sampai menyesal karena masuk ke dalam pekerjaan yang tidak dapat menunjang pengembangam kariermu.

Selain bertanya, kamu juga bisa menggali informasi tentang pekerjaan itu lewat internet. Kemungkinan besar informasi tentang pekerjaan yang kamu inginkan bisa kamu temukan di internet.

Mencoba tes online

Jika kamu merasa tidak yakin dengan minat dan bakatmu, kamu bisa memulainya dengan mencoba tes minat-bakat yang tersebar di internet. Kamu bisa mencoba tes kepribadian yang dapat mengingatkan kembali tentang sifat-sifat diri. Hasil tes kepribadian ini bisa kamu jadikan pondasi perencanaan kariermu untuk ke depan. Biasanya tes kepribadian juga menyediakan proyeksi jenjang karier yang cocok dengan kepribadian kamu.

Sekian artikel tentang tips perencanaan karir yang cocok untuk diri sendiri. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Keluar dari Zona Nyaman untuk Karir


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar