icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Fungsi Dasar Manajemen Bisnis
Siker.id | 10 Feb 2022 15:00


Bagikan ke
Fungsi manajemen bisnis. (siker)

siker.id - Pernahkah Kamu mendengar istilah Manajemen bisnis? Untuk mereka yang berusaha merintis usaha ataupun bahkan bisnis, pastinya tidak asing dengan sebutan tersebut. Sebab tanpa pengelolaan manajemen yang baik, dapat dipastikan usaha yang dijalankan tidak berhasil. Tidak dimungkiri pebisnis pendatang baru mengalami kegagalan akibat ketidaktahuan tentang pentingnya manajemen pada usaha yang lagi mereka bangun, sehingga usaha yang dijalankan sekedarnya saja.

Oleh sebab itu bagi kamu pebisnis baru yang ingin mengembangkan bisnisnya, kamu perlu mengetahui apa saja fungsi dari manajemen bisnis sehingga pada akhirnya nanti pengelolaan bisnismu bisa maksimal. Berikut ulasannya!

Baca juga: 5 Lokasi Untuk Mencari Inspirasi Bisnis

Organizing

Organizing atau pengelompokan dapat terkait dengan tenaga kerja. Artinya adalah bila telah terdapat rencana hingga kelompok kerja wajib dibuat. Yakinkan mereka mempunyai porsi kerja yang sama di bidang tiap- tiap. Semacam regu pemasaran, regu administrasi, regu gudang serta lain sebagainya.

Keteraturan semacam ini guna menjadikan proses kerja tertib serta tidak rancu dengan yang lain. Tidak hanya itu proses evaluasi- nya lebih gampang sebab tinggal meminta laporan dari pimpinan timnya. Nah ini merupakan momentum yang baik buat memperhitungkan sejauh mana regu bekerja.

Controlling

Controlling ataupun pengawasan merupakan fungsi paling akhir yang harus dimiliki aktivitas manajemen. Pengawasan bisa dicoba dengan melihat sistem kerja yang dimilikinya. Apakah tersebut dicoba dengan baik ataupun malah kebalikannya.

Lewat pengawasan tiap hal berarti yang berkaitan dengan aktivitas industri pastinya bakal dijadikan sebagai bahan penilaian. Tidak hanya itu, kesusahan yang dirasakan pula hendak dicatat serta ditempatkan pada masukan ataupun anjuran.

Baca juga: Berikut Bisnis Modal Kecil Buat Pemula

Planning

Jangan dilupakan juga fungsi ini yaitu planning atau perencanaan. Hal ini berkaitan dengan tipe usaha yang mau didirikan. Sebab itulah perencanaan juga diperlukan.

Terdapat beberapa tipe perencanaan yang hendaknya Kamu mulai dari awal. Semacam halnya rencana mengenai produk yang mau dibuat. Setelah itu rencana dari aktivitas pemasaran, promosi sampai pembukuan yang wajib buat dilakukan.

Staffing

Staffing merupakan fungsi yang berkaitan dengan pengaturan sumber energi industri. Semacam halnya pengadaan bahan baku, mesin yang digunakan sampai fasilitas pendukung yang lain. Dengan pengaturan yang tepat pastinya kebutuhan ataupun hasil yang dituju juga akan terus menjadi bertambah pula.

Sekian artikel tentang fungsi manajemen bisnis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Memulai Bisnis Kuliner Buat Pemula


Editor: Theo Adi -

     

Komentar