icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 4 Manfaat Penggunaan HRIS
Siker.id | 10 Feb 2022 14:30


Bagikan ke
Manfaat penggunaan HRIS (siker)

siker.id - Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat pengelolaan karyawan ini sudah mulai menggunakan sistem. Salah satu sistem yang dapat membantu dalam pengelolaan karyawan adalah sistem HRIS (Human Resources Information System). Dimana sistem ini akan membantu pengelolaan karyawan jauh lebih efektif dan efisien.

Dengan adanya sistem HRIS ini, manajer HRD bisa mengelola serta mengakses data tentang kebutuhan SDM, sistem penggajian, informasi pegawai, kinerja pegawai, data terkait payroll sampai kebijakan serta prosedur industri dengan fitur payroll aplikasi.

Berikut ini beberapa manfaat dari HRIS:

Baca juga: Tanda HRD yang Terlalu Berpendidikan

Mengurangi Human Error

Kesalahan dalam pengelolaan karyawan ataupun human error bukan lagi perihal yang asing. Hal ini dapat terjadi disebabkan perusahaan masih mengandalkan sistem manual, contohnya kekeliruan dalam input informasi karyawan, salah hitung pendapatan, survei kepuasan kinerja yang tidak sistematis, serta lain- lain. Akan tetapi, dengan sistem HRIS semua hal tersebut dapat diminimalisir karena sudah menggunakan teknologi otomatisasi.

Menekan pengeluaran operasional HRD

Sistem HRIS menolong meringankan pengeluaran operasional HRD dengan menyingkirkan pemakaian kertas ataupun aplikasi- aplikasi lain yang tidak efektif. Dengan sistem ini perusahaan juga dapat mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja guna mengelola SDM, sebab segala proses bisa sistem tangani secara otomatis.

Baca juga: Tanda HRD yang Sensitif dengan Anda

Memaksimalkan proses pengambilan keputusan

Sistem HRM dapat menunjang manajemen mengambil keputusan dengan lebih baik. Sebab segala data terkait SDM bisa perusahaan tinjau melalui satu sistem yang terpusat, manajemen bisa dengan lebih cepat serta gampang mengenali siapa saja yang sudah berkontribusi ke perusahaan serta siapa yang belum. Manajemen bisa melaksanakan aksi dengan lebih cepat buat menanggulangi kesenjangan keahlian karyawan.

Agar Pekerjaan Berulang Bisa Dioptimasi

Manfaat terakhir yang bakal dirasakan HR yakni hemat waktu. Kemudahan akses informasi sampai proses penarikan hasil informasi jadi lebih kilat serta akurat. Waktu yang diperlukan guna mengelola administrasi serta informasi pula jadi lebih singkat serta efisien. Tidak cuma HR saja yang pekerjaannya jadi lebih ringan, namun juga karyawan yang lainnya dikala memerlukan akses informasi mengenai dirinya sendiri.

Sekian artikel tentang manfaat dari HRIS. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tanda HRD Senang dengan Kinerja Anda


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar