Berikut 4 Jenis Laporan Keuangan
Siker.id | 10 Feb 2022 13:30


Bagikan ke
Jenis laporan keuangan. (siker)

siker.id - Laporan keuangan adalah laporan yang berisi informasi keuangan sebuah bisnis termasuk aset, kewajiban , ekuitas, arus kas, dan informasi terkait lainnya selama periode waktu tertentu. Supaya tahu keadaan finansial suatu industri secara merata, maka laporan keuangan wajib dibuat dengan tepat, cermat dan sanggup dipertanggung jawabkan. Oleh karenanya pengerjaan laporan keuangan ini dilakukan oleh seorang akuntan berpengalaman yang memanglah mempunyai kompetensi di bidang tersebut. Laporan keuangan sendiri terdiri dari beberapa tipe sebagai berikut:

Baca juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan salah satu laporan keuangan yang menampilkan pergerakan kas industri sepanjang periode tertentu. Laporan yang menolong pengguna menguasai bagaimana pergerakan uang tunai dalam industri.

Terdapat 3 bagian dalam laporan ini: arus kas operasional, arus kas investasi serta arus kas dari kegiatan pendanaan. Secara umum, data ditampilkan bersumber pada pada prosedur arus kas yang disiapkan industri. Hal ini tercantum prosedur langsung serta tidak langsung.

Aktiva

Aktiva ataupun aset merupakan sumber daya yang dimiliki oleh sesuatu industri secara sah serta ekonomis. Aktiva diklasifikasikan ke dalam 2 jenis utama:

• Aktiva lancar, mengacu pada peninggalan jangka pendek termasuk uang tunai, kas kecil, bahan baku, benda dalam proses, benda jadi, prabayar, serta tipe yang sama yang dikonversi serta disantap dalam waktu 12 bulan semenjak tanggal pelaporan.

• Aktiva tidak lancar, tercantum aset berwujud serta tidak berwujud yang diperkirakan hendak dikonversi serta dikonsumsi dalam lebih dari 12 bulan semenjak tanggal pelaporan. Aset tersebut termasuk tanah, bangunan, mesin, perlengkapan pc, investasi jangka panjang serta sejenisnya.

Baca juga: Berikut Tips Mengatur Cash Flow dalam Laporan Keuangan

Neraca

Neraca kadang- kadang diucap laporan posisi keuangan. Neraca menampilkan saldo aset, kewajiban, serta ekuitas pada akhir periode waktu akuntansi. Neraca disebut laporan posisi keuangan sebab menampilkan nilai- nilai kekayaan bersih industri. Anda bisa mendapatkan kekayaan bersih industri dengan menghapus kewajiban dari total peninggalan.

Neraca pelaporannya tidak per periode, bisa perminggu ataupun per 2 pekan buat menampilkan saldo akun.

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan salah satu laporan keuangan sesuatu industri yang memberi tahu 3 data keuangan utama dalam periode waktu tertentu, ialah pemasukan, pengeluaran, serta laba ataupun rugi.

Laporan laba rugi kadang- kadang disebut pernyataan kinerja keuangan sebab pernyataan ini membolehkan pengguna memperhitungkan serta mengukur kinerja keuangan sesuatu industri dari periode ke periode dari industri yang seragam, pesaing, ataupun industri itu sendiri.

Sekian artikel tentang jenis laporan keuangan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Tips Menghindari Fraud Dalam Laporan Keuangan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar