Berikut Tips Mengatur Cash Flow dalam Laporan Keuangan
Siker.id | 10 Feb 2022 09:45


Bagikan ke
Tips mengatur cash flow dalam laporan keuangan. (siker)

siker.id - Cash flow adalah metode yang sangat membantu dalam membuat laporan keuangan, baik untuk keperluan pribadi atau bisnis. Seperti yang kita ketahui bersama mengatur keuangan adalah hal yang perlu dilakukan agar uang tidak habis tanpa perencanaan yang jelas. Dengan begitu, pengetahuan mengenai cara mengatur cash flow menjadi penting untuk dikuasai.

Berikut ini tips mengatur cash flow dalam pelaporan keuangan:

Baca juga: Berikut 5 Software Akuntansi yang Dipakai Perusahaan

Mencatat laporan keuangan

kamu perlu mencatat semua pemasukan dan pengeluaran yang kamu miliki. Pencatatan ini berfungsi untuk memberi tahu status arus kas keuangan yang kamu miliki positif atau negatif.

Dalam mencatat laporan keuangan, sebaiknya kamu juga menyertakan bukti dari pengeluaran yang kamu belanjakan, misalnya bukti bon atau kwitansi pembelian. Hal ini akan berguna saat kamu menghitung pengeluaran di akhir bulan, karena kamu perlu mencocokkan data yang kamu tuliskan di catatan dengan bukti kuitansi supaya tidak ada salah hitung antara catatan tertulis dengan nilai uang yang ada.

Cari pendapatan tambahan

Mendapat pemasukan tambahan tentunya akan sangat membantu status cash flow supaya bisa menjadi positif. Terlebih lagi jika kamu bisa berusaha mengurangi pengeluaran. Untuk kebutuhan pribadi, kamu bisa mencari pendapatan tambahan dengan melakukan kerja freelance, menjadi content creator, atau menjual barang di e-commerce. Sementara dalam menjalankan bisnis, pendapatan tambahan dapat dicari melalui ekspansi usaha hingga melakukan investasi bisnis.

Baca juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Bedakan kebutuhan dan keinginan

Tips yang satu ini mungkin akan menjadi hal berat untuk dilakukan jika kamu memiliki sifat konsumtif yang berlebihan. Namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Yang perlu kamu sadari adalah kamu harus berusaha untuk membedakan mana hal yang benar-benar kebutuhan pokok dan mana hal yang hanya keinginanmu semata. Jika kamu bisa menaklukkan sifat konsumtif dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, kamu juga mungkin bisa mulai kebiasaan menabung dengan mengalokasikan uang hasil kamu berhemat untuk ditabung.

Sekian artikel tentang tips mengatur cash flow dalam laporan keuangan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Tips Menghindari Fraud Dalam Laporan Keuangan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar