Berikut Tips Mengatasi Rasa Insecure di Tempat Kerja
Siker.id | 09 Feb 2022 13:45


Bagikan ke
Mengatasi rasa insecure di tempat kerja. (siker)

siker.id - Hampir setiap orang pernah merasakan insecure pada suatu hal atau titik dalam kehidupan. Bahkan, orang paling percaya diri sekalipun mungkin merasa insecure akan sesuatu. Itu sebabnya jangan merasa gagal dan rendah diri hanya karena kamu merasa insecure di tempat kerja. Namun, bukan berarti pula kamu harus membiarkan perasaan tersebut menahan diri dan menghalangi banyak hal dalam pekerjaan. Cobalah untuk mengelola dan mengatasi rasa insecure di tempat kerja tadi dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

Baca juga: Berikut 3 Hal yang Bisa Merusak Citra di Tempat Kerja

Kenali nilai diri

Kamu mungkin selalu merasa insecure karena menganggap diri tidak mampu, tidak berharga dan tidak layak menduduki posisi yang sekarang. Bila ini terjadi, coba ingat-ingat alasan dan nilai dalam diri kamu seperti apa yang berhasil meyakinkan perusahaan untuk mempercayakan posisi tersebut ke kamu. Tentu perusahaan tidak akan mempekerjakan kamu tanpa alasan bukan.

Ambil langkah nyata

Jika kamu tahu situasi dan kondisi apa yang menjadi latar belakang rasa insecure yang kamu miliki maka lakukan hal nyata untuk mengatasinya. Misalnya ketika kamu selalu insecure ketika harus melakukan presentasi, maka cobalah ambil kursus atau latihan public speaking untuk membantu mengembalikan rasa percaya diri dan mengurangi rasa cemas akan kemampuan diri saat harus berbicara di depan orang banyak.

Baca juga: 4 Etika Dalam Diskusi Serius di Tempat Kerja

Fokus pada tujuan kamu sendiri

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Cobalah untuk fokus pada pencapaian tujuan kamu sendiri di karier dan tempat kerja. Jika belum memiliki tujuan dalam karier, coba buatlah dari sekarang tujuan yang menantang namun realistis untuk dicapai. Menetapkan tujuan yang dapat dicapai dapat memotivasi kamu untuk menghadapi dan mengelola rasa insecure di tempat kerja.

Terima perasaan insecure

Jangan terus mengkritik dan menyalahkan diri karena kamu merasa insecure secara terus menerus. Jangan pula mengabaikan kenyataan bahwa kamu sedang merasa insecure akan suatu hal di tempat kerja. Terimalah kenyataan bahwa merasa insecure adalah hal yang wajar dalam kehidupan.Hampir setiap orang pernah merasakannya. Alih-alih keras pada diri karena insecure di tempat kerja, cobalah mengubah persepsi kamu. Lihatlah rasa insecure tadi bukan sebagai kelemahan, tapi dorongan dan motivasi untuk berusaha menjadi lebih baik, misalnya dalam pekerjaan.

Sekian artikel tentang beberapa hal yang perlu dikuasai oleh product manager. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Beberapa Contoh Attitude Baik di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar