Berikut Beberapa Manfaat Perlunya Kolaborasi
Siker.id | 09 Feb 2022 11:30


Bagikan ke
Beberapa manfaat perlunya kolaborasi. (siker)

siker.id - Dalam dunia kerja, kamu tidak mungkin mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Misalnya saja jika ingin melakukan pembuatan sebuah produk berupa aplikasi, kamu pasti akan melibatkan berbagai tim seperti Product, Design, Engineer, Business, dan Marketing. Dari berbagai tim ini, kamu akan mendapatkan insight yang kaya dan tentunya pekerjaan akan selesai lebih cepat. Kerjasama inilah yang disebut sebagai kolaborasi. Lalu apa saja manfaat dari kolaborasi itu? Berikut Ulasannya!

Baca juga: 3 Keuntungan Bekerja Seorang Diri

Mengetahui dan menganalisis potensi diri

Bekerja secara kolaboratif dapat membantumu lebih sadar akan kekuatan dan juga kelemahan yang dimiliki. Kolaborasi akan membantu meningkatkan keterampilan terbaikmu dan mengidentifikasi bagian mana yang memerlukan bantuan dari orang-orang dengan keahlian berbeda. Hasilnya, kamu dan rekan tim dapat bekerja sama lebih baik untuk mengisi kesenjangan kompetensi.

Meningkatkan efisiensi pekerjaan

Lebih mudah bekerja sama untuk menyelesaikan proyek dan memenuhi tenggat waktu ketika mendapat dukungan dari tim kamu. Beberapa orang yang bekerja bersama dapat membagi tugas dengan cara memanfaatkan kekuatan terbesar masing-masing individu. Alih-alih berjuang menyelesaikan tugas-tugas yang tidak nyaman dilakukan, kamu dapat memfokuskan energimu di bidang yang kamu kuasai dan mendapatkan umpan balik langsung dari anggota tim lainnya.

Baca juga: Tips Terhindar dari Lembur saat Bekerja

Saling berbagi ilmu

Kamu dapat belajar banyak hal dari anggota tim lain setiap kali berkumpul untuk berkolaborasi. Sebuah perusahaan yang menghargai kolaborasi akan dengan terbuka mendorong karyawannya untuk saling berbagi ilmu. Karyawan merasa aman mengetahui tempat kerja menghargai peluang untuk tumbuh dan berkembang, dan kamu juga akan merasa termotivasi untuk memperluas keahlianmu di luar tugas pekerjaan saat ini.

Membantu memecahkan masalah

Kolaborasi memungkinkan hasil yang lebih maksimal karena melibatkan berbagai profesional dengan keterampilan dan pengetahuan yang beragam. Hal ini membuatmu dapat melihat dari berbagai perspektif. Ketika kamu dapat memanfaatkan keahlian banyak orang, kemungkinan besar kamu juga akan menyelesaikan masalah lebih cepat dan mendorong hasil yang lebih baik dalam jangka panjang.

Sekian artikel tentang manfaat perlunya kolaborasi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Cepat Dapat Promosi saat Bekerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar