Berikut Macam Modus yang Ada di Tempat Kerja
Siker.id | 08 Feb 2022 14:50


Bagikan ke
Macam modus yang ada di tempat kerja. (siker)

siker.id - Memang benar bahwa tidak semua orang di tempat kerja itu jahat, tapi kamu tetap harus berhati-hati demi menjaga diri sendiri dan kariermu. Karena ada banyak tipe rekan kerja yang akan kamu temui selama bekerja, dan tidak jarang ada yang bermuka dua sampai mempunyai modus untuk menghancurkan kamu.

Ada banyak modus yang biasa terjadi di lingkungan kerja, mulai dari mendapat keringanan kerja, menjatuhkan di depan atasan, hingga mencari kesalahan dengan mengintip hasil kerjamu. Kamu saat ini harus bisa menjaga diri dari berbagai macam modus yang mereka coba lakukan padamu, yang mana beberapa di antaranya akan dibahas berikut ini!

Baca juga: Beberapa Manfaat Orientasi di Tempat Kerja

Playing victim depan atasan kalau buat kesalahan kerja

Modus pertama yang sering terjadi di tempat kerja ialah jenis modus playing victim. Yang mana hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi dirinya sendiri di depan atasan dengan menjatuhkanmu.

Misalnya ketika ada kesalahan kerja yang terjadi dia akan playing victim dan menyudutkanmu atau orang lain sebagai gantinya. Banyak banget orang yang seperti ini di tempat kerja, jadi pastikan kamu bisa menjaga diri dan jangan terjebak dalam modusnya.

Menyebarkan rumor tentang kehidupan pribadimu

Modus berikutnya yang juga sering terjadi di lingkungan kerja ialah penyebaran rumor tentang kehidupan pribadi. Modus ini bertujuan menjatuhkan dan menjelekken citramu di mata atasan dan rekan kerja sekantor.

Biasanya dilakukan oleh orang yang iri dengan pencapaian atau perhatian yang kamu dapatkan dalam pekerjaan. Untuk menghindari modus ini yang kamu harus lakukan cuma satu, yaitu tidak sembarangan curhat tentang kehidupan pribadimu.

Baca juga: Berikut 3 Hal yang Bisa Merusak Citra di Tempat Kerja

Sering memintamu membantu menyelesaikan pekerjaan

Modus yang sering banget terjadi di lingkungan kerja berikutnya ialah memintamu untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Biasanya hal ini dilakukan oleh senior atau orang yang kedudukannya lebih tinggi karena merasa berhak memerintah.

Kamu harus hati-hati dengan tipe modus yang satu ini. Boleh-boleh saja jika menyanggupinya kalau memang mau membantu, tapi jangan sampai pasrah saja jika dimintai tolong terus menerus karena tujuannya adalah untuk memanfaatkanmu.

Sekian artikel tentang macam modus di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Etika Dalam Diskusi Serius di Tempat Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar