Berikut Contoh Jawaban Kekurangan Diri yang Positif
Siker.id | 08 Feb 2022 14:00


Bagikan ke
Contoh jawaban kekurangan diri yang positif. (siker)

siker.id - Pernahkah kamu ditanya recruiter saat wawancara kerja, “Apa kelemahan terbesarmu?” Sebagian orang mungkin dan secara pasti akan menjawab apa adanya dalam dirinya itu, namun sayangnya, tak semua orang tahu harus menjawab apa yang tepat! Sebab, tanpa disadari tanpa kita mengenali kelemahan dan kekuatan diri sendiri, sulit mengungkap kekurangan diri yang positif. Apalagi, di saat interview kerja, ketika kita ingin dinilai mampu dan berbakat memenuhi posisi kerja yang ditawarkan.

Nah, apa saja contoh kekurangan diri yang positif yang bisa kamu jelaskan pada recruiter saat interview kerja?

Baca juga: Tips Interview Melalui Media Chatting

Kesulitan mengatakan “tidak”

Kekurangan diri yang positif pertama dalam wawancara kerja adalah sulit berkata tidak. Biasanya, saling membantu sesama tim kerja adalah hal yang lumrah. Namun, terkadang malah jadi bumerang karena tidak tidak tahu batasan kapan harus berkata ya atau tidak.

Contoh, saat libur akhir pekan, kamu dimintai rekan kerja merevisi hasil desainnya. Padahal, kamu sedang sakit. Dari sudut pandang recruiter, seseorang yang selalu siap menangani semua tugas yang diberikan adalah orang yang berdedikasi. Tapi, perlu ingat juga, bahwa ada saatnya harus berkata tidak. Sebab keseimbangan antara kehidupan personal dan karir itu penting.

Kesulitan dengan tipe kepribadian tertentu

Bahkan orang yang paling fleksibel pun kadang masih mengalami kendala saat bekerja dengan karakter tertentu. Di sini, skill kolaborasi dan kerjasama sangat dibutuhkan. Bagaimana caramu menyesuaikan diri dengan tim kerja akan menjadi poin lebih.

Kalau kamu memiliki kekurangan diri yang positif ini, jelaskan tipe kepribadian apa yang sulit kamu hadapi dan berikan alasannya. Contohnnya, kamu mungkin sulit bekerja sama dengan tipe orang agresif atau keras kepala. Sementara, kamu adalah tipe orang yang kalem.

Baca juga: Tips Percaya Diri saat Interview Kerja

Terkadang kurang percaya diri

Sebagian orang berkata bahwa mereka kadang kurang percaya diri dalam kekurangan diri yang positif. Terutama, pekerja entry-level. Kurang percaya diri kadang bisa menyebabkan pekerjaan kurang efisien. Misalnya, kamu mungkin sering gugup saat presentasi atau bicara di depan umum.

Kalau kamu memiliki kekurangan diri yang positif ini saat wawancara, tekankan bagaimana caramu mengatasinya. Contohnya, persiapkan catatan dan data yang akurat untuk melengkapi presentasi. Sehingga, kamu bisa lebih percaya diri saat menyuarakan ide atau pendapatmu.

Sekian artikel tentang contoh kekurangan diri yang positif saat wawancara. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Kesalahan saat Interview yang Membuat Lamaran Ditolak


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar