icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah
Siker.id | 08 Feb 2022 12:15


Bagikan ke
Tips dapat kerja setelah lulus kuliah. (siker)

siker.id - Setelah lulus kuliah, para fresh graduates banyak yang ingin langsung bisa bekerja. Apakah kamu termasuk salah satunya? Akan tetapi, kenyataannya mencari kerja tak semudah itu. Banyak fresh graduates yang sudah sebulan lulus, tapi belum juga dapat kerja. Bagaimana caranya agar bisa cepat mendapat kerja? Berikut ini beberapa tips yang patut kamu coba.

Baca juga: 4 Persiapan Sebelum Pindah Kerja

Hubungi teman yang sudah kerja

Selama kuliah, pastilah kamu memiliki koneksi. Nah, sekarang saatnya manfaatkan koneksi tersebut. Hubungi teman-teman kamu yang telah mendapat kerja. Dengan rekomendasi orang dalam, biasanya perusahaan akan lebih mudah menerima kamu bekerja.

Konsultasi dengan kampus

Mulailah berkonsultasi dengan pusat karier di kampus kamu. Para konselor akan dapat memberi arahan dan saran yang baik untuk kamu. Mereka juga dapat memberikan dukungan dan koneksi ke perusahaan yang mungkin akan menerima kamu bekerja.

Baca juga: Beberapa Manfaat Orientasi di Tempat Kerja

Latihan wawancara

Jika kamu sudah berusaha dan tetap gagal diterima kerja, hentikan sejenak pencarian kamu. Saatnya kamu berlatih untuk wawancara. Perbaiki cara kamu berbicara dengan mempraktikannya di depan cermin. kamu juga bisa meminta bantuan pelatih wawancara, atau teman kamu untuk berlatih bersama. Hal ini berguna supaya ketika wawancara, kamu tak lagi gugup menghadapinya.

Buat perencanaan karier

Untuk dapat mencari pekerjaan yang sesuai, kamu perlu memiliki rencana yang matang. Setelah beberapa kali gagal diterima kerja, pastikan kamu memeriksa kembali rencana karier yang ingin diraih. Perusahaan besar biasanya, mencari kandidat dengan kualifikasi mumpuni. Jika kamu masih minim pengalaman, cobalah melamar ke perusahaan yang masih kecil, atau startup. Perusahaan seperti ini biasanya lebih terbuka, untuk menerima bekerja seorang lulusan baru.

Sekian artikel tentang tips dapat kerja setelah lulus kuliah. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tanda Kerja Kerasmu Melewati Batas


Editor: Theo Adi -

     

Komentar