icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Rebranding bila Ingin Mengubah Karir
Siker.id | 08 Feb 2022 11:30


Bagikan ke
Rebranding bila mau mengubah karir. (siker)

siker.id - Pernah berpikir ingin mengubah karier yang Anda miliki saat ini selagi masih muda? Memang betul, mengubah karier bisa memberikan Anda beberapa keuntungan. Apalagi orang-orang lain yang usianya tak terpaut jauh dari Anda juga masih belum memiliki pengalaman yang sampai bertahun-tahun. Jadi, banyak kesempatan untuk lebih maju bagi Anda. Jika Anda melakukannya dengan tepat, maka Anda akan bisa mengganti karier di usia muda dengan lancar. Untuk itu, Anda butuh rebranding personal. Bagaimana sih caranya?

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Karir

Riset tentang karier yang dipilih

Sebelum banting setir dengan mengubah karier, ada baiknya Anda melakukan riset mengenai profesi pilihan. Bicaralah kepada konsultan karier, pelatih eksekutif, atau headhunter. Setelah yakin, mulailah mengeksplorasi perusahaan-perusahaan yang menarik minat anda.

Gunakan media sosial

Gunakan media sosial untuk membantu Anda mengubah citra diri atau rebranding di area karier yang baru. Misalnya saja, dengan aktif menggunakan LinkedIn. Mulailah untuk terhubung dengan kelompok dan asosiasi industri yang relevan. Bagikan artikel yang relevan dan menarik dalam jaringan sosial media Anda, komentar pada posting, hadiri konferensi industri terbesar, dan kembangkan jaringan Anda di industri tertentu. Semakin Anda dapat menunjukkan bahwa Anda serius dan berinvestasi dalam industri target baru Anda, semakin kredibel Anda akan terlihat.

Baca juga: Berikut Alasan Seorang Wanita Memilih Memperjuangkan Karir

Perkuat networking

Langkah penting yang harus Anda ambil adalah dengan memperkuat networking dan menemukan orang-orang yang bisa membantu anda menemukan pekerjaan yang anda inginkan. Jika anda serius memikirkannya, Anda akan menemukan seseorang yang Anda kenal, teman atau kenalan lama yang memiliki hubungan dengan pekerjaan yang menjadi impian anda.

Analisis passion dan karier Anda

Hal pertama untuk rebranding diri adalah dengan menganalisis passion dan karir Anda. Lakukanlah analisa dengan menjawab dan merenungkan pertanyaan seperti, hal-hal apa yang memotivasi anda dan membuat anda bersemangat dalam pekerjaan anda? Apa tujuan dan ambisi masa depan anda? Apakah anda menggunakan keahlian dan bakat anda hingga optimal? Apakah anda merasakan kepuasan dan komitmen? Hal-hal apa yang penting bagi anda? Apa nilai-nilai pribadi yang anda miliki?

Sekian artikel tentang. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Jenjang Karir Jurusan Sastra Inggris yang Menjanjikan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar