Berikut 4 Pertimbangan Sebelum Menerima Job Offer
Siker.id | 07 Feb 2022 14:45


Bagikan ke
Pertimbangan sebelum menerima job offer. (siker)

siker.id - Proses pencarian kerja bisa saja memakan waktu cukup lama. Mulai dari wawancara dengan staf di divisi human resources development (HRD) hingga mendapatkan surat penawaran kerja atau kontrak kerja. Hal ini karena banyaknya proses seleksi yang harus diikuti dan itu bisa memakan waktu berbulan-bulan karena perusahaan ingin mendapatkan yang terbaik dari para kandidat.

Nah, setelah berhasil diterima sebagai karyawan, kamu jangan langsung cepat merasa lega sehingga terburu-buru menandatangani kontrak kerja. Perhatikan beberapa tips ini sebelum kamu resmi bergabung dengan perusahaan.

Baca juga: Berikut Panduan Mengirim Lamaran via Email yang Baik

Ketahui detail deskripsi tugas

Ada baiknya sebelum menerima job offer dan menandatangi kontrak kerja, kamu bertanya lagi dengan jelas mengenai deskripsi kerja yang akan dilakukan. Sebab, tak jarang, perusahaan akhirnya memperluas tanggung jawabmu di luar isi kontrak kerja.

Tak masalah jika memang kamu tidak keberatan. Namun, jika kamu ingin bernegosiasi dengan HRD mengenai hal ini, lakukanlah sebelum menandatangani kontrak kerja.

Pertimbangan manfaat yang didapat

Sebelum kamu menerima job offer tersebut, pastikan juga kamu sudah menerima informasi yang jelas mengenai benefits atau manfaat tambahan apa yang akan kamu dapatkan.

Misalnya, apakah perusahaan berpotensi memberikan bonus, dan asuransi kesehatan seperti apa yang diberikan perusahaan. Selain itu, perhatikan juga berapa banyak cuti yang kamu dapatkan, dan mulai kapan kamu bisa mendapatkannya.

Baca juga: 4 Kesalahan saat Interview yang Membuat Lamaran Ditolak

Minta waktu untuk mempertimbangkan

Umumnya perusahaan akan mau memberikan waktu untuk kandidatnya berpikir sebelum menerima tawaran tersebut. Oleh karena itu, gunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin untuk kamu berpikir dengan kepala tenang.

Hal ini penting kamu lakukan, terlebih lagi jika kamu belum sepenuhnya yakin dengan perusahaan tersebut.

Pelajari detail kontrak kerja

Kontrak kerja menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipahami sebelum kamu tandatangani. Sebab, ini menyangkut hak dan juga kewajibanmu sebagai pekerja. Jangan tergesa-gesa atau terlalu bersemangat dalam menandatangani kontrak kerja. Pelajari isi kontrak kerja dengan baik.

Jangan sampai pasal-pasal yang ada, malah merugikan kamu di masa yang akan datang. Baca dan pahami setiap poin yang tertera di kontrak kerja agar semua jelas dan kelak tidak menimbulkan masalah maupun kerugian bagimu.

Sekian artikel tentang beberapa pertimbangan sebelum menerima job offer. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Caranya Memilih Lamaran secara Efektif?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar