icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengapa Pekerja Sosial Diperlukan di Perusahaan?
Siker.id | 07 Feb 2022 12:30


Bagikan ke
Alasan mengapa pekerja sosial penting buat perusahaan. (siker)

siker.id - Para peneliti menyatakan karyawan di masa depan akan membutuhkan kemampuan interpersonal lebih banyak. Perusahaan konsultan McKinsey memprediksi, kemampuan sosial dan emosional karyawan akan banyak dicari perusahaan. Hal ini karena saat kita bekerja kemampuan-kemampuan seperti Kerjasama tim dan kemampuan social ini banyak mengambil peran dalam perkembangan perusahaan dewasa ini.

Bahkan di negara Amerika Serikat memperkirakan hingga tahun 2022, kebutuhan perusahaan terhadap para pekerja sosial akan naik hingga 19 persen. Lalu seperti apa pentingnya kehadiran para pekerja sosial atau social worker bagi perusahaan? Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut Alasan Kandidat Sering Ditolak Perusahaan

Bisa masuk ke berbagai cakupan pekerjaan

Para pekerja sosial memiliki kemampuan yang sangat baik dalam memahami perilaku manusia, memberikan motivasi, dan menjalin hubungan intrapersonal.

Mereka bisa menempati berbagai posisi. Mulai dari membantu karyawan menyeimbangkan pekerjaan, kehidupan, hingga kesehatan mental.

Selain itu, perusahaan bisa memanfaatkan kehadiran pekerja sosial untuk memberikan pelatihan agar karyawan lebih produktif, menyelesaikan konflik di kantor, hingga menata perubahan dalam perusahaan.

Membantu membangun koneksi

Bila pemimpin bisnis ingin meningkatkan hubungan mereka dengan karyawan agar lebih bermakna dan bermanfaat, tak ada salahnya mereka menggunakan social worker sebagai penghubung kedua belah pihak.

Mereka akan membantu karyawan dalam untuk meningkatkan keterampilan interpersonal, komunikasi dan kecerdasan emosional.

Lebih dari itu, social worker juga dapat membantu perusahaan dalam hal membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat bila diperlukan seperti halnya membuat program CSR.

Baca juga: Cara Meningkatkan Rekrutmen Perusahaan di Era Teknologi

Masuk ke industri nirlaba

Perguruan tinggi khususnya yang memiliki jurusan kerja sosial, dinilai harus mendorong pekerja sosial masuk ke dunia nirlaba.

Sebab selama ini, masyarakat kurang memahami sektor nirlaba dan begitu pula sebaliknya. Pada dasarnya, social worker dapat membantu membangun perusahaan lebih kuat dan melayani pelanggan dengan baik.

Mengubah budaya perusahaan

Pengawas program double degree administrasi bisnis dan kerja sosial di Universitas Pittsburgh, Hidenori Yamatani menilai korporasi selama ini terkesan masih fokus mengambil keuntungan semata.

Padahal, korporasi memiliki maksud baik. Hanya saja, belum ada pelatihan perusahaan untuk kerja sosial bagi mahasiswa. Padahal, pelatihan semacam ini dipercaya dapat menjadikan perusahaan tempat yang lebih ramah dan sehat bagi karyawan.

Sekian artikel tentang alasan pekerja social perlu ada di perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Beberapa Jenis Prosedur Audit di Perusahaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar