icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Persiapan Wawancara Bagi Pekerja Senior
Siker.id | 06 Feb 2022 13:00


Bagikan ke
Persiapan wawancara bagi pekerja senior. (siker)

siker.id - Sebuah wawancara kerja apapun tingkatannya, tetap bisa membuat semua menjadi gugup bagi para kandidatnya. Bahkan termasuk pekerja di level senior sekali pun akan merasakan kegugupan itu. Meski telah mengantongi pengalaman kerja bertahun-tahun, Anda diminta tetap harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi wawancara kerja lagi dengan berbagai macam perisapan yang ada. Lalu apa saja tipsnya agar sukses dalam wawancara kerja berikutnya?

Baca juga: Tips Sukses Wawancara Bahasa Inggris

Lakukan riset

Lakukan riset untuk mencari tahu berbagai informasi mengenai perusahaan yang Anda lamar, serta industri terkait. Bersikaplah wajar saat memperkenalkan diri. Ingat, bahasa tubuh yang baik, jabatan tangan yang meyakinkan, serta kontak mata, menjadi pertimbangan bagi perekrut.

Jika Anda diminta melakukan presentasi, lakukan persiapan dengan baik. Di sinilah riset juga akan membantu, untuk menjelaskan solusi yang Anda tawarkan bagi persoalan tertentu.

Gali motivasi diri sendiri

Sebelum menghadiri sesi wawancara, pastikan Anda memiliki motivasi kuat untuk mendapatkan posisi yand dilamar. Perekrut pastinya ingin mengetahui minat Anda pada perusahaan yang Anda tuju. Oleh karena itu, siapkan diri untuk menghadapi diskusi dengan perekrut, mengenai minat, ambisi, dan tujuan utama hidup Anda. Yakinkan perekrut, Anda memang kandidat senior yang mampu memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Baca juga: Tips Menolak Wawancara dengan Sopan

Bersikap jujur

Mungkin Anda ingin mencari pekerjaan baru, lantaran kantor Anda sebelumnya gulung tikar. Tidak perlu malu, bersikaplah jujur. Lagi pula, apabila Anda tidak jujur, perekrut pada akhirnya bisa mengetahui fakta yang Anda tutupi. Anda harus ingat, biasanya perekrut memiliki latar belakang pendidikan psikologi.

Siapkan pertanyaan

Sebuah wawancara kerja untuk kandidat senior, biasanya memang dirancang untuk menguji kualifikasi kandidat. Oleh karena itu, siapkan pertanyaan berbobot yang dapat memancing diskusi mendalam dengan perekrut. Tak jarang, perekrut pun menyiapkan pertanyaan untuk menilai kemampuan Anda dalam berargumen dan bernegosiasi. Tunjukkan sikap yakin, atas semua pernyataan yang Anda sampaikan dalam wawancara tersebut. Dengan demikian, perekrut bisa melihat Anda sebagai sosok yang berpendirian kuat.

Sekian artikel tentang tips persiapan wawancara kerja bagi pekerja senior. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Membaca Situasi saat Hasil Wawancara Keluar


Editor: Theo Adi -

     

Komentar