Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Mindset yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Tangguh
Siker.id | 02 Feb 2022 09:00


Bagikan ke
Mindset yang wajib dimiliki mahasiswa tangguh. (siker)

siker.id - Semakin meningkat pengalaman belajar atau pendidikan seseorang, semakin meningkat pola pikir atau mindset yang dimiliki. Seperti halnya pola pikir yang dimiliki mahasiswa, meningkat dibanding saat masih duduk di bangku sekolah.

Meski saat transisi dari bangku sekolah perguruan tinggi mengalami banyak tantangan, namun ketika seseorang terus belajar dan memperbanyak pengalaman, ia akan bisa menjadi pribadi yang tangguh.

Begitupun saat jadi mahasiswa, kuliah bukan hanya soal nilai dan IPK tinggi, melainkan ada banyak hal yang bisa dipelajari untuk menambah pengalaman dan meningkatkan keterampilan diri agar berguna di masa depan. Berikut mindset yang wajib dimiliki untuk menjadi mahasiswa tangguh!

Baca juga: 3 Tips Public Speaking Bagi Mahasiswa

Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Ketika kamu memutuskan untuk menjadi mahasiswa berarti harus siap menyelesaikan semua kewajiban sekaligus meningkatkan skill melalui kegiatan organisasi atau ekstrakurikuler.

Hal ini sangat berguna karena kamu akan belajar manajemen waktu yang baik agar semua tujuan bisa dicapai. Selain itu, pastikan kamu bisa menyusun skala prioritas yang tepat.

Ketika menjadi mahasiswa, hal ini sangat penting mengingat tugas utama kita adalah belajar. Jadi, jika ingin mengikuti kegiatan lain untuk meningkatkan skill, pastikan kamu tahu mana yang harus diprioritaskan dan mana yang lebih penting.

Ada baiknya melatih mindset mahasiswa ini sejak dini agar ketika dihadapkan pada masalah nyata, semua bisa dilalui dengan baik.

Manfaatkan Setiap Kesempatan

Mahasiswa harus memahami bahwa dunia kampus adalah dunia yang menawarkan banyak kesempatan. Dari kesempatan itu, kita tidak hanya akan mendapat pengalaman baru tetapi juga relasi yang di kemudian hari akan bermanfaat.

Inilah mengapa ketika menjadi mahasiswa, kamu harus siap menjemput setiap peluang yang ada dan berpartisipasi di dalamnya.

Bagaimanapun, peluang tidak hanya dapat meningkatkan skill tetapi juga membantu kita mengetahui apa minat dan tujuan hidup sehingga ketika lulus kita tahu apa yang harus dilakukan.

Baca juga: 3 Tanda Burn Out Bagi Mahasiswa

Jangan Mudah Menyerah

Karena hidup adalah proses belajar sepanjang masa, maka seorang mahasiswa tidak boleh gampang menyerah. Ketika menemukan persoalan sulit dan berbagai kegagalan, maka yang harus dilakukan adalah mempelajarinya.

Jika kamu mudah menyerah apalagi karena hal-hal sepele, berarti kamu belum siap menjadi mahasiswa. Pasalnya, saat memutuskan menjadi mahasiswa, akan ada banyak sekali tantangan untuk ditaklukkan.

Tanpa kemauan keras dan mental pantang menyerah, fase ini mungkin tidak bisa dilewati dengan mudah. Jadi, daripada fokus pada hal lain yang membuat kita lemah, sebaiknya senantiasa percaya pada diri sendiri bahwa semua bisa diselesaikan dengan mudah selama kita mau berusaha.

Sekian artikel tentang mindset yang wajib dimiliki mahasiswa tangguh. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Ampuh Portofolio Bagi Mahasiswa


Editor: Theo Adi -

     

Komentar